19 Pemberdayaan Masyarakat dalam Pembuatan Jampana dan Gapura di Rw 08 Desa Karanganyar dalam Rangka Peringatan Hari Besar Nasional 17 Agustus 2023
Keywords:
Pemberdayaan, Pengabdian, Permasalahan, SiklusAbstract
Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu program yang untuk mengimplementasikan salah satu dari tridarma perguruan tinggi. Kegiatan yang dilakukan mengenai pemberdayaan masyarakat karena minimnya kegiatan dan partisipasi dari masyarakat dalam rangkaian kegiatan perayaan hari besar nasional yang berada di Desa Karanganyar Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat. Dengan menggunakan metode pendekatan PKM dengan participatory action research (PAR) pendekatan yang bertujuan untuk mengatasi masalah dan kebutuhan praktis masyarakat, serta produksi ilmu untuk membangkitkan kesadaran kritis secara kolektif atas adanya belenggu-belenggu paradigma normatif yang menghambat proses transformasi sosial dan empat tahapan siklus yang telah diberikan sejak awal sosialisasi kuliah kerja nyata yakni, 1) rembuk warga dan refleksi sosial, 2) pengorganisasian masyarakat dan pemetaan sosial, 3) perencanaan partisipatif, 4) pelaksanaan program dan evalusi. Dengan adanya empat tahapan yang menjadi panduan penulis untuk mengaplikasikan program kerja. Hal ini memudahkan dalam segala pelaksanaan kegiatan dan menemukan permasalahan yang terdapat pada Desa Karanganyar. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan antusias masyarakat dalam menjaga tradisi membuat jampana dan gapura sebagai identitas budaya setempat.
References
Bringle, R. G., & Hatcher, J. A. (1996). Implementing Service Learning In Higher Education. The Journal Of Higher Education, 67(2), 221-239.
Budhy Munawar Rachman, Islam Pluralis: Wacana Kesetaraan Kaum Beriman. (Jakarta: Paramadina, 2001). 273-274.
Eyler, J., & Giles, D. E. (1999). Where's The Learning In Service-Learning? San Francisco: Jossey-Bass.
Friedmann, J. (1992). Empowerment: The Politics Of Alternative Development. Wiley.
Holland, B. A., & Gelmon, S. B. (1998). The State Of The Engaged Campus: What Have We Learned About Building And Sustaining Community Partnerships? AAHE Bulletin, 50(4), 9-12.
Jacoby, B. (2015). Service-Learning Essentials: Questions, Answers, And Lessons Learned. Jossey-Bass.
Kretzmann, J. P., & Mcknight, J. L. (1993). Building Communities From The Inside Out: A Path Toward Finding And Mobilizing A Community's Assets. ACTA Publications.
Rappaport, J. (1987). Terms Of Empowerment/Exemplars Of Prevention: Toward A Theory For Community Psychology. American Journal Of Community Psychology, 15(2), 121-148.
Smith, J. (2005). Pemberdayaan Masyarakat: Teori Dan Praktik. Penerbit XYZ.
Kusumo, D. Y., & Putri, F. M., 2017. "Peran Ketua Tani dalam Pengembangan Pertanian Berkelanjutan." Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), hlm. 12-20.
Supono, J., & Kuncoro, A., 2020. "Sosialisasi dan Edukasi sebagai Upaya Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam." Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), hlm. 78-88.
Suryadi, A., & Setiawan, B., 2019. "Manfaat Kartu Tani dalam Pengelolaan Pertanian Jagung: Studi Kasus di Desa X." Jurnal Agribisnis, 7(3), hlm. 213-226.
Widodo, T., & Kusnadi, N., 2018. "Implementasi Program Pemberdayaan Petani dalam Pengelolaan Pertanian Berkelanjutan." Jurnal Pengembangan Wilayah, 12(1), hlm. 45-58.
Suprianto, H., & Wibowo, B., 2017. "Peran Perangkat Desa dalam Mendorong Pertanian Berkelanjutan." Jurnal Pembangunan Daerah, 10(2), hlm. 123-134.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 silvi amalia, aksal, erlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.