Pengaruh Gaya Belajar dan Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Membaca Al-Quran Anak-Anak di MT Nurul Falah
Keywords:
gaya belajar, strategi, mengejaAbstract
Gaya belajar adalah cara yang diambil oleh masing-masing orang dalam menyerap informasi baru dan sulit. Bagaimana mereka berkonsentrasi, memproses dan menampung informasi yang masuk ke otak. Tujuan dalam pengabdian ini merupakan untuk membentuk para santri dalam akhlak maupun pengetahuan. Oleh sebab itu kami mengemas gaya belajar dan strategi pembelajaran di MT Nurul Falah kampung Kandang Sapi desa Bongas dengan mengeja Al-Qur’an. Metode yang dipakai adalah Participatory Action Research (PAR) yang merupakan pendekatan yang bertujuan untuk pembelajaran dalam mencari solusi dan memenuhi kebutuhan praktis masyarakat, serta untuk meningkatkan pemahaman sosial dan perkembangan nilai-nilai keagamaan dengan melibatkan peran aktif dari objek pengabdian. Hasil yang didapatkan santri dalam pengabdian ini santri yang bisa mendapatkan kedua hal dalam sekaligus santri yang berakhlak baik maupun yang berpengetahuan.
References
Afandi, A. (2020). Participatory Action Research (PAR) Metodologi Alternatif Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif. In Workshop Pengabdian Berbasis Riset Di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (Vol. 53, No. 9, pp. 1689-1699).
Hadinata, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Ummi terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Anak Usia 7-13 Tahun. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial, 19(1), 60-79.
Hamalik, Oemar. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kharisma, A. L. F. (2019). Upaya meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini Melalui Penerapan Metode Tartili Di Tk Darul Qur’an Al-Karim Karang Tengah, Baturraden (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).
Luk Luk, N. (2017). Memahami Gaya Belajar Untuk Meningkatkan Potensi Anak. IAIN Tulungagung (Vol. 1, No. 2, pp. 246-258 )
Rahman, Abd. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan, dan Unsur-Unsur Pendidikan. Jurnal Al Urwatul Wutsqa, 2(1), 1-8.
Sadiah, S., Maya, R., & Wahidin, U. (2018). Implementasi model pembelajaran dalam pemberantasan buta huruf Alquran di majelis taklim Nurul Hikmah Kampung Situ Uncal Desa Purwasari Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1-18.
Sudarmono. (2020). Upaya Peningkatan Minat Belajar Baca Tulis Al-Qur’an. Universitas Muslim Indonesia. 164.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fachry Aziz Sofyan, Resy Nur Ajizah, Sabila Fitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.