Implementasi Pengajaran Eklektik dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Anak di Kampung Kibodas pada Masa Pandemi
Keywords:
pendidikan, eklektik, pandemiAbstract
Pendidikan menjadi salah satu dari sekian banyak aspek yang terdampak akibat adanya pandemi COVID-19. Semenjak diberlakukannya sosial distancing sejak bulan Maret 2020, kegiatan belajar dilakukan secara jarak jauh atau disebut sebagai Study from Home (SFH). Selama diberlakukannya SFH, penulis menemukan beberapa permasalahan yang muncul pada pelajar tingkat SD dan SMP di Kampung Kibodas RT 07 Desa Pasirhuni. Permasalahan yang ditemukan selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) tersebut yaitu, kurangnya kedisiplinan anak akibat terpapar pemakaian gadget secara berlebih, kurangnya motivasi belajar karena suasana belajar yang dilakukan secara individual, keterbatasan sarana prasarana untuk mengakses pembelajaran, dan kurangnya peran orang tua dalam mendampingi kegiatan PJJ. Adanya pendampingan PPJ dengan memakai strategi pengajaran eklektik merupakan salah satu alternatif belajar anak selama pandemi.Pembelajarannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar anak. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengoptimalkan kegiatan belajar anak di Kampung Kibodas selama masa pandemi COVID-19. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah deskriptif kualitatif. Pengabdian dilakukan mulai dari pencarian data, identifikasi masalah mengenai kebutuhan belajar setiap anak, penyelesaian masalah dengan melakukan pendampingan belajar secara eklektik, dan evaluasi berdasarkan kualitas belajar anak setelah belajar secara eklektik. Fokus pengabdian adalah mengatasi permasalahan belajar anak dan membantu dalam memenuhi kebutuhan belajar anak. Hasil pengabdian dinyatakan berhasil, yakni dapat dilihat dengan teroptimalkannya kegiatan belajar anak di Kampung Kibodas secara pandemi.
References
Anugrahana, Andri. 2020. Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi COVID-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 1 No. 3.
Ayatullah. 2016. Penerapan Metode Eklektik pada Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VI SDIT Anak Sholeh Mataram. Jurnal Palapa. Vol. 4, No. 1.
Halal, Rizqon. (2020). Dampak COVID-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial dan Budaya syar’i. Vol. 7 No. 5 (2020).
Kurniawati, S., Heni, D., Nisworo, W. , Jamila, Z., Davika, H. Pendampingan Jarak Jauh (PJJ) Akibat Pandemi COVID-19 di Desa Kebondalem dan Jubelan. Jurnal KKN Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Semarang.
Luluk Khoiriyah, R, (2012). Pengaruh Metode Eklektik Terhadap Hasl Belajar Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas X MA Manahijul Huda Ngagel Dukuhsepi Pati. Journal of Arabic Learning and Teaching. LAA 1 (1) (2012).
Miftahul, Arif. 2021. Problematika Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi). Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol. 2, No. 1.
Nur, Nofi., Ma’rifatul, Yuni., dkk. (2021). Pendampingan dalam Menghadapi Pembelajaran di Masa Pandemi bagi Warga Dusun Macanan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. Vol. 4 No. 2 (2021).
Nur, Siti. 2020. Mengabdi di Desa Sendiri Melawan Pandemi. UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Hal. 211.
Nurbayan, Yayan. 2008. Metode Pengajaran Bahasa Arab. Bandung, Penerbit Zein Al-Bayan.
Ramma, Kamil., Hifni, Ahmad. 2015. Pengantar Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. IAIN Antasari Press.
Raswan. 2018. Pengaruh Metode Pembelajaran Eklektik Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban.Vol. 5, No. 1.
Syamrotul, Salma. 2020. Penstabilan Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton, C. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ratna Juwita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.