Penerapan Metode Tahsin dan Tajwid Dalam Meningkatkan Bacaan Al-Quran di Madrasah Al-Qadr Pangalengan
Keywords:
Al-Quran, Metode, Tahsin, TajwidAbstract
Pembelajaran merupakan suatu konsep dari dua kegiatan yaitu belajar dan mengajar yang harus direncanakan dan diaktualisasikan, serta diarahkan pada pencapaian tujuan belajar. Pendidikan Al-Quran adalah pendidikan paling utama yang harus diajarkan kepada setiap manusia. Fokus kajian penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya anak-anak di Madrasah Al-Qadr yang mengutamakan hafalan Al-Quran akan tetapi kurang dalam kemampuan membaca Al-Quran nya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode tahsin dan tajwid dalam pembelajarann Al-Quran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Al-Qadr, Desa Margamulya, Pangalengan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode tahsin dan tajwid efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran anak-anak Madrasah Al-Qadr
References
Learning is a concept of two activities, namely learning and teaching which must be planned and actualized, and directed at achieving learning objectives. Qur'anic education is the most important education that must be taught to every human being. The focus of this research study was motivated by the presence of children in Madrasah Al-Qadr who prioritized memorizing the Qur'an but lacked the ability to read the Qur'an. This study aims to determine the application of tahsin and recitation methods in learning the Qur'an. This study uses a qualitative method. Data collection techniques used are observation and interviews. This research was conducted at Madrasah Al Qadr, Margamulya Village, Pangalengan. The results showed that the tahsin and recitation methods were effective in improving the ability to read the Koran for the children of Madrasah Al Qadr
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Afni Nuraftwa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.