Penerapan Metode Fun Learning di DTA Miftahul Hidayah
Keywords:
Fun Learning, Metode PembelajaranAbstract
Pendidikan sangatlah penting di kehidupan manusia. Terlebih untuk anak-anak yang akan masuk Sekolah Dasar. Di kala pandemi covid-19 ini adanya dampak terhadap para siswa, salah satunya kemampuan menjadi kurang fokus dan kondusif dalam belajar. Dalam kegiatan KKN-DR SISDAMAS 2021 UIN SGD Bandung kelompok 179 mempunyai program mengajar di DTA Miftahul Hidayah bertujuan untuk membantu serta mengembangkan kembali kemampuan belajar anak selama pembelajaran jarak jauh. Metode pembelajaran yang kami ambil yaitu dengan metode fun learning. Program mengajar tersebut berjalan selama lebih dari satu minggu, dengan pembelajaran Bahasa Inggris untuk kelas V dan VI, serta CALISTUNG yang diterapkan di beberapa kelas yang kurang kemampuannya dalam membaca, menulis dan berhitung. Dapat disimpulkan bahwa program mengajar dengan penerapan metode fun learning di DTA Miftahul Hidayah Desa Pamulihan berhasil dilaksanakan dan membuahkan hasil yang memuaskan dimana siswa antusias saat mengikuti pembelajaran.
References
Afandi, M., Chamalah, E., Wardani, O. P., & Gunarto, H. (2013). Model dan metode pembelajaran. Semarang: Unissula.
Chamalah, E., Pd, S., Pd, M., Wardani, O. P.,
Pd, S., Pd, M., & Press, U. (2013).
Model dan metode pembelajaran.
Cintami, C., & Mukminan, M. (2018). Efektivitas outdoor study untuk meningkatkan hasil belajar Geografi berdasarkan locus of control di SMA Kota Palembang. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 164-174.
Dimyati & Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. halaman 260. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar, cet. ke-4. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Layyinah, L. (2017). Menciptakan Pembelajaran Fun Learning Based on Scientific Approach dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik pada Pembelajaran PAI. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 4(1), 1-9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Anjalli Naziihah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.