Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Dengan Metode Bermain Sambil Belajar dalam Program Mimica

Authors

  • Irfan Fitroturrohman Prodi Studi Agama – Agama, Fakultas Ushuluddin, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Romzi Fadhli Robbi Prodi Akuntansi Syari'ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung,
  • Khoiruddin Muchtar Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

motivasi belajar, bermain, pendidikan

Abstract

Keluhan masyarakat khususnya ibu rumah tangga yang menyebutkan bahwa kurang maksimalnya pembelajaran secara online/daring membuat kegiatan pembelajaran anak kurang maksimal, seperti sulitnya anak dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Beberapa program KKN-DR Sisdamas Desa Pagersari dalam bidang pendidikan dibuat sebagai upaya meminimalisir berbagai trouble yang menimpa anak-anak khususnya dalam aktifitas belajar. Program pendidikan yang menjadi fokus yaitu Minggu-minggu Ceria (MIMICA), suatu kegiatan untuk menstimulasi perkembangan fisik dan psikis anak usia sekolah sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar anak tingkat SD sampai SMP melalui beberapa kegiatan, contohnya dalam bentuk fun game. Metode dalam pelaksanaan program Mimica adalah dengan bermain sambil belajar. Berdasarkan hal tersebut, program Mimica dapat meminimalisir dan menjadi solusi dari keluhan masyarakat terkait kurangnya motivasi belajar anak-anak mereka.

References

Alawiyah, S. A., & Fitriani, S. (2021). Refitalisasi semangat belajar ditengah pandemi melalui metode team teaching. Jurnal Griya Cendekia, 6(1), 1-17.

Anwas , O. M. (2011). Kuliah kerja nyata tematik pos pemberdayaan keluarga sebagai model pengabdian masyarakat di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(5), 565-575.

Arifa, F. N. (2020). Tantangan pelaksanaan kebijakan belajar dari rumah dalam masa darurat covid-19. Jurnal Bidang Kesejahteraan Sosial, 12(7), 13-15.

Asniawati, A., & Ratnawati, E. (2020). Pemberian motivasi melalui cerita atau games untuk menumbuhkan minat belajar anak usia SD dan SMP. Dimasejati, 2(2), 204-213.

Fikri, Zainul, A., Hendrik, M., & Romadon. (2019). Analisis penerapan metode team teaching di kelas 3 SD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung. Prosiding semnasfip, 261-279.

Qodim, H. d. (2021). Petunjuk teknis kuliah kerja nyata dari rumah berbasis pemberdayaan masyarakat (KKN-DR SISDAMAS) pengabdian di masa pandemi bermitra dengan satgas covid-19. Bandung: LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Rismayanthi, C. (2013, April). Mengembangkan Keterampilan Gerak Dasar Sebagai Stimulasi Motorik Bagi Anak Taman Kanak-Kanak Melalui Aktivitas Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(1), 64-72.

Syardiansah. (2017). Peranan kuliah kerja nyata sebagai bagian dari pengembangan kompetensi mahasiswa . Jurnal JIM IPB, 7(1), 57-68.

Utami, & Wahyu, S. (2019). Penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan kedisiplinan siswa. Jurnal Pendidikan, 4(1).

Downloads

Published

2022-02-17

How to Cite

Fitroturrohman, I. ., Fadhli Robbi, R. ., & Muchtar, K. (2022). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Dengan Metode Bermain Sambil Belajar dalam Program Mimica. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(75), 37–46. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1087

Issue

Section

Articles