Optimalisasi Kegiatan Pendidikan Dan Sosial Pada Era Covid-19 Di Desa Telaga Murni Kecamatan Cikarang Barat
Keywords:
Covid 19, Pendidikan, SosialAbstract
Pandemi Covid-19 menjadi salah satu permasalahan dunia yang menerpa berbagai aspek seperti ekonomi, kesehatan, sosial, dan pendidikan. Pada dunia pendidikan keberlangsungan pembelajaran secara tatap muka menjadi terhambat karena pembatasan sosial, bukan hanya itu saja kegiatan sosial juga ikut terhambat. Tujuan pelaksanaan KKN di Desa Telagamurni untuk membantu pengoptimalisasian kegiatan dalam bidang pendidikan dan sosial pada era covid-19. Metode yang di lakukan dalam kegiatan ini menggunakan metode diskusi dan berkontribusi secara langsung dalam kegiatan. Dimana mitra yang terlibat adalah siswa sekolah dan masyarakat Desa Telagamurni itu sendiri. Pelaksanaan kegiatan KKN ini dilakukan pada dua wilayah yakni di Desa Telagamurni Kp. Bojong Koneng RT 002 RW 001 dan di Desa Telagamurni Kp. Warung Bambu RT 002 RW 009. Adapun program yang kami lakukan seperti, Bimbingan Belajar, Taman Baca, Khitanan Massal dan Santunan Anak Yatim.
References
Development, C., & Vol, D. M. (2019). JCD: Journal of Community Development and Disaster Management Vol 1 No 1 | Jan 2019. 1(1), 41–54.
Kamala, N. (2009). Tinjauan Hukum Islam dan Kesehatan Terhadap Khitan Bagi Laki-Laki dan Perempuan. 91.
Susanti, H., Si, M., & Utara, U. S. (2015). Fungsi Ikatan Persaudaraan Muslim Socfindo (Ipms) Dalam Membangun Hubungan Sosial Dengan Masyarakat Sekitar. Perspektif Sosiologi, 3(1), 75–89.
Misriyani, M., & Mulyono, E, S. (2019). Pengelolaan Taman Baca Masyarakat. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3 (2).160-172
Wafa, A, Z. (2016). Subjective well-being of orphans orphans in the orphanage muhammadiyah Purworejo. Tajdida, 14 (2)
Dihartawan, Dkk. (2020). Bakti Sosial Khitanan Massal Mass Circumcision Social Service. As-Syifa: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat, 1 (2)
Nafrin, A, I., & Hudaidah. Perkembangan pendidikan Indonesia di masa pandemi covid-19. Edukatif: Jurnal ilmu pendidikan, 3 (2) 456-462
Firdaus, Junaidin, & Surip. Interaksi sosial masa pandemi covid-19 (studi pada masyarakat di kelurahan Nungga kota Bima). Jurnal komunikasi dan kebudayaan, 7 (2)
Kemendikbud, 2020. Pedoman Penyelenggara Belajar Dari Rumah.
Rahman, B, I., & Nelisa, M. 2018. Penerapan Program Kreatif di Taman Bacaan Masyarakat Komunitas Togok Di Kelurahan Ganting Kota Padang Panjang. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 7(1):293-304
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Anisa Nur R
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.