Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Dengan Penerapan Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Kosakata di Masa Pandemi Covid 19
Keywords:
Metode bernyanyi, Bahasa Arab, Pembelajaran kosakataAbstract
Kemampuan berbahasa terutama kemampuan penguasaan kosakata bahasa Arab adalah kemampuan yang sangat penting untuk dikuasai terutama pada anak usia dini. Pembelajaran bahasa Arab baik dilakukan sejak dini. Selain berguna untuk membaca Al-Quran, manfaat belajar bahasa Arab sejak dini bertujuan agar bisa mempelajari dan menggali ilmu pengetahuan, khususnya tentang ilmu keislaman. Hal tersebut, bertujuan agar minat anak-anak terhadap bahasa Arab bisa lebih meningkat. Pembelajaran berbahasa untuk anak usia dini diharapkan bisa diajarkan melalui kegiatan yang lebih menarik salah satunya dengan bernyanyi. Tujuan penggunaan metode bernyanyi adalah agar peserta didik yang takut, malas dan tidak menyukai Bahasa Arab menjadi tertarik dan senang dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti, yaitu dengan melakukan pengamatan terhadap guru dan aktivitas belajar anak. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas anak-anak dalam pembelajaran bisa lebih optimal apabila materi yang diberikan merangsang dan menarik minat belajar siswa, salah satunya dengan menerapkan metode bernyanyi. Penelitian ini memiliki tujuan dapat meningkatkan mutu pendidikan dikemudian hari. Selain itu juga dengan menggunakan metode bernyanyi, anak menjadi lebih tertarik dalam belajar dan membuat suasana belajar menjadi menyenangkan.
References
Ali Imron & Dewi Farda Fajriyyah. 2021. Penggunaan Metode Bernyanyi dalam Menghafal Mufrodat (Kosakata) Bahasa Arab di MI. Jurnal Pendidikan MI/SD.
Anshor, A. M. 2009. Pengajaran Bahasa Arab Media dan Metode-metodenya. Yogyakarta: Teras.
Davik. 2020. Implementasi Metode Bernyanyi Dalam Meningkatan Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab Siswa. Jurnal Lughoti: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab.
Jannah, L. A. 2013. Kesalahan-kesalahan Guru PAUD yang Sering Dianggap Sepele. Yogyakarta: Diva Press.
Khulli, M. Ali. 1986. Assaliiba Tadaris Al-Lughoh Al-Arabiyah. Jakarta: Al-Adeeb Library.
Mashuri, & Dewi, M. 2017. Penerapan Metode Bernyanyi dan Media Flah Card untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak dalam Pengenalan Huruf Hijaiyyah di TPA Darul Falah Gampong Pineung. Jurnal Mudarrisuna.
Mulyana. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nikmah, K. 2017. Penggunaan Teknik Bernyanyi untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini. Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan, Dan Humaniora, 4(2).
Nisa, Ika Khoirun., Rahmi, Novita., Walfajri 2020. Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Di Mts Ma’arif Nu 07 Purbolinggo. Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab.
Ridwan, & Awaluddin A.Fajar. 2019. Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Raodhatul Athfal. Didaktika Jurnal Kependidikan.
Susanto, A. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara.
Yusriana, A. 2012. Kiat-kiat Menjadi Guru PAUD yang Disukai Anak-anak. Yogyakarta: Diva Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Nurfitri Yulianti Witrin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.