Efektivitas Komunikasi Pembelajaran Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Masa Pandemi

Authors

  • Awaliah Amarthani Johar UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fauzan Fadhillah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Imas Della Menanda UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Abdul Hakim UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Syarif Hidayatullah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Paryati UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Desa Patengan, Pembelajaran, Efektivitas

Abstract

 

Adanya Pandemi Covid 19 menjadikan suatu fenomena global dunia pada saat ini. Maka Pemerintah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  ( Kemendikbud )  mengambil sebuah keputusan melalui Surat Edaran No. 36962/MPK. A/HK2020 terkait  pembelajaran secara daring ( Online ). Dengan adanya keputusan tersebut, menjadi salah satu kesulitan  bagi anak-anak   dalam memahami suatu materi yang disampaikan oleh gurunya secara daring ( online ). Maka dari itu, diadakan kegiatan  pendampingan belajar untuk membantu dan memudahkan pembelajaran saat masa pandemi Covid-19. Yang mana pengajar nya dari Anggota Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) UIN Sunan Gunung Djati Bandung 2021. Adapun tujuan dari adanya program kerja ini ialah untuk membantu peserta didik dalam proses pembelajaran yang mengalami kesulitan dalam memahami suatu materi pembelajaran daring ( online ) di Desa Parengan. Dalam proses pendampingan belajar ini metodologi yang dilakukan dalam penelitian ini terdapat 5 pelaksanaan diantaranya (1) Survei Lapangan, (2) Koordinasi Antar Masyarakat, (3) Sosialisasi Terkait Program, (4) Pelaksanaan Program-Program, (5) Evaluasi Program-Program. Adapun hasil dari pengabdian nya ada 5 tahapan, ialah (1) Meningkatkan pemahaman materi dari segi baca tulis, perhitungan serta pengetahuan umum, (2) Tanya jawab terkait pemahaman hasil belajar, (3) Permainan Ice breaking, (4) Memberikan semangat dan motivasi, (5) Pemberian Reward

References

Abdullah, R. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Kimia Di Madrasah Aliyah. Lantanida Journal, 5(1), 13. https://doi.org/10.22373/lj.v5i1.2056

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Dewi, T. A. P., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1909–1917.

Erawati, I., Darwis, M., & Nasrullah, M. (2017). Efektivitas Kinerja Pegawai pada Kantor Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Jurnal Office, 3(1), 13. https://doi.org/10.26858/jo.v3i1.3450

Harini Muntasib, Resti Meilani, Arzyana Sunkar, Jadda Muthiah, T. R. (2019). Modal Sosial Masyarakat Jawa Barat dalam Pengembangan Ekowisata.

Hartono, A. (2016). Koordinasi Antar Lembaga dan Stakeholder dalam Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat (Studi Kasus: Taman Flora dan Taman Ekpresi di Kota Surabaya. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik. ISSN 2303 - 341X, 4(3), 1-12. Universitas Airlangga, Surabaya.

Muthiah, J., Muntasib, E. K. S. H., Meilani, R., Sunkar, A., & Rahayuningsih, T. (2016). Status kepemilikan lahan dan modal sosial Desa Patengan dan Desa Alam Endah Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung Selatan (Land tenure and social capital of Patengan and Alam Endah Villages, Rancabali District, South Bandung ). Media Konservasi, 21(3), 234.

Nurdiani, N. (2014). Teknik Sampling Snowball dalam Penelitian Lapangan. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 1110. https://doi.org/10.21512/comtech.v5i2.2427

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Ulia, N., Fironika KD, R., Ismiyanti, Y., Yustiana, S., Jupriyanto, J., & Cahyaningtyas, A. P. (2019). Pendampingan kelompok guru SD di kecamatan Genuk tentang pemahaman metodologi penelitian pendidikan (action research & experiment) dan penyusunan artikel jurnal. Indonesian Journal of Community Services, 1(1), 32. https://doi.org/10.30659/ijocs.1.1.32-47

Downloads

Published

2021-11-29

How to Cite

Johar, A. A. ., Fadhillah, F. ., Menanda, I. D. ., Hakim, M. A. ., Hidayatullah, M. S. ., & Paryati. (2021). Efektivitas Komunikasi Pembelajaran Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Masa Pandemi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(12), 51–58. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/88

Issue

Section

Articles