Kegiatan Posko Belajar Untuk Mendidik Anak Agar Dapat Memaksimalkan Pembelajaran Sekolah Online Di Masa Pandemi
Keywords:
Posko, Belajrar, MendidikAbstract
Di masa pandemi ini seluruh aktifitas kegiatan pembelajaran dilaksanakan melalui sosial media/secara online. Pendidikan online ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah penyebaran covid-19 yang sedang menyebar di indonesia. Oleh karna itu dari mulai siswa hingga mahasiswa dituntun untuk menggunakan metode pembelajaran baru secara online, dari mulai dibuatnya website untuk pembelajaran hingga dibuatnya belajar online menggunakan metode videocall melalui aplikasi yang mendukung. Sudah satu tahun lebih para pelajar menggunakan metode pembelajaran online, namun masih ada beberapa pelajar yg kesulitan mengikuti metode pembelajaran tersebut, terutama anak-anak sekolah dasar. Banyak faktor yang menyebabkan anak-anak tersebut kesulitan mengikuti metode pembelajaran online, dari mulai metodenya yang kurang menarik hingga kurangnya fasilitas yg mendukung pembelajaran online. Oleh karna itu jurnal ini kami buat dengan metode kualitatif deskriptif untuk membantu anak-anak tersebut agar dapat memaksimalkan pembelajaranya secara online. Kegiatan yang kita lakukan antara lain melakukan sosialisasi kepada orang tua menggunakan gudgetnya untuk pembelajaran online menggunakan sosial media yg tersedia, memberi metode pembelajaran kepada anak agar tetap belajar dengan cara yang menyenangkan, dan cara cara lainnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program posko belajar di RW 05 kelurahan Cipamokolan Kecamatan Rancasari Kota Bandung untuk anak-anak berhasil menciptakan minat belajar yang lebih tinggi, menambah wawasan anak dan orang tua untuk menggunakan aplikasi penunjang pembelajaran online. Dan mendidik anak-anak untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan sopan.
References
Ratminto, Winarsih. 2014. Manajemen Pelayanan. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Konu, A., & Rimpela, M. (2002). Well–being in School: A conceptual model. Health Promotion
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Rifkie Mufty Muhammad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.