Pendampingan Belajar Daring Siswa SD Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kampung Kebon Terong

Authors

  • Alfin Abdussalam Prodi Ilmu Al-Qur;an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Almira Salsabila Prodi Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Adab & Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Endah Ratna Sonya Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

pendampingan belajar, pandemi covid-19, siswa

Abstract

Pendampingan belajar di masa pandemi COVID-19 ini merupakan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu upaya pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Tujuan utama dari pengabdian masyarakat  ini adalah untuk (1) meningkatkan motivasi serta minat siswa terhadap pembelajaran (2) membantu meringankan beban orangtua dalam membimbing anak-anak selama proses pembelajaran daring (3) mengatasi dan membantu siswa yang mengalami kesulitan selama proses pembelajaran daring. Pendampingan belajar ini dilaksanakan secara luring, yakni mahasiswa dan siswa melakukan proses belajar mengajar secara langsung dan tatap muka. Adapun metodologi pelaksanaan dalam pendampingan belajar ini dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu tahap persiapan, perencanaan,  sosialisasi, pelaksanaan dan evaluasi. Sedangkan tahapan  dalam pendampingan belajar dilakukan dengan memberikan penjelasan materi mata pelajaran, mendampingi siswa dalam mengajarkan tugas sekolah, mengaji, praktik mengahafalkan do’a dan menulis lafat Arab serta pemberian reward. Hasil pendampingan belajar menunjukkan bahwa, (1) meningkatnya hasil belajar siswa (2) pemahaman siswa terhadap materi pelajaran semakin baik (3) anak  lebih antusias dan aktif selama proses pembelajaran (4) meningkatkatnya motivasi serta minat siswa terhadap pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa program pendampingan belajar di masa pandemi COVID-19 ini memberikan dampak positif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa serta menimbulkan efektivitas selama proses pembelajaran. 

 

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Abdussalam , A. ., Salsabila, A. ., & Ratna Sonya, E. . (2022). Pendampingan Belajar Daring Siswa SD Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kampung Kebon Terong . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(49), 67–81. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/869

Issue

Section

Articles