Penyediaan Pojok Baca dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Anak di Dusun Daringo

Authors

  • Harry Rizky Wahyudi Program Studi Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Meliniarta Nadhiva Program Studi Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Rifa’I Pendididikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Satrio Adi Widonarko Prodi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sunan Gunung Djati
  • Suteja Wira Dana Kusuma Prodi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sunan Gunung Djati

Keywords:

membaca, anak-anak, pojok baca

Abstract

Kemampuan membaca merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan. Oleh karena itu, penting untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat dalam membaca. Tujuan artikel ini adalah untuk melihat pengaruh penyediaan Pojok Baca terhadap minat baca anak-anak.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang dilakukan dalam pengamatan melalui analisis minat baca anak-anak yang terlihat Ketika membaca dan melakukan pembahasan bacaan buku tersebut dengan teman lainnya. Pengabdian juga dilakukan dengan metode deskriptif pada pendekatan mendongeng oleh kelompok KKN. Pojok baca merupakan sarana yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan minat baca bagi anak-anak serta menambah wawasan dan memberikan kemudahan dalam mendapatkan buku baik itu buku pelajaran, edukasi, ilmu pengetahuan umum dan lain sebagainya.

 

References

Siregar, A. R. (2008). Upaya meningkatkan minat baca di sekolah.

Darmono. 2001. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Grasindo.

Rahayu, G.S. 2015. Pengaruh Minat membaca Terhadap prestasi belajar. Yogyakarta: 2015

Downloads

Published

2022-02-01

How to Cite

Rizky Wahyudi, H. ., Nadhiva, M. ., Rifa’I , M. ., Adi Widonarko, S. ., & Wira Dana Kusuma, S. . (2022). Penyediaan Pojok Baca dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Anak di Dusun Daringo. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(45), 38–47. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/756

Issue

Section

Articles