Pengaruh Program Calistungji KKN-DR Guna Membangun dan Meningkatkan Semangat Belajar Anak-Anak Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Eritha Dewi Febrianty Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Witrin Gamayanti Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

semangat belajar, calistung

Abstract

Pendidikan pada masa pandemi covid-19 ini banyak mengalami permasalahan. Permasalahan pada bidang pendidikan tersebut dialami oleh berbagai pihak khusunya guru dan siswa. Guru mengalami permasalahan diantaranya yaitu kesulitan dalam memberikan pembelajaran secara online kepada siswa terutama wilayah yang termasuk pedalaman karena belum semua orang tua siswa memiliki gadget. Sedangkan permasalahan yang dialami siswa yaitu sulitnya memahami pembelajaran yang diberikan oleh guru. Permasalahan pada bidang pendidikan tidak hanya dirasakan oleh guru dan siswa saja bahkan orang tua siswapun merasakan hal yang sama. Begitupula orang tua siswa yang berada dikampung cikereti ini. Untuk itu, kami mengadakan program kerja CALISTUNGJI (membaca, menulis, berhitung dan mengaji) bertujuan untuk membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi orangtua siswa dalam mengajari anak-anaknya belajar dirumah. Program pengabdian ini kami laksanakan guna meningkatkan semangat belajar anak-anak baik dirumah maupun disekolah dengan sistem belajar yang digunakan yaitu belajar sambal bermain dengan metode ceramah plus. Program CALISTUNGJI mendapat antusiasme yang tinggi dari anak-anak serta orang tua. Para orang tua merasa terbantu dengan adanya program ini dan memberikan respon baik pada program yang dilaksanakan. Sasaran program ini yaitu anak-anak berumur 3-12 tahun.

 

References

Aini, K. (2021). Analisis Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran.

AISAH, N. (2018). PEMBELAJARAN CALISTUNG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN UJIAN MASUK CALISTUNG SEKOLAH DASAR DI BANDAR LAMPUNG. TERAMPIL : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar.

Izzatunnisa, L., Suryanda, A., Kholifah, A. S., Loka, C., Idea Goesvita, P. P., Aghata, P. S., & Anggraeni, S. (2021). Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi dalam Proses Belajar dari Rumah. Jurnal Pendidikan.

Lisna, Putra, S. R., Tauzi, A., Absar, R. A., & Nisal, A. (2021). Membangun dan Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Di Masa Pandemi. Jurnal Lepa-Lepa Open.

Marisa, S. (2019). PENGARUH MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN SISWA UPAYA MENGATASI PERMASALAHAN BELAJAR. Jurnal Taushiah FAI-UISU.

Muhammad, M. (2016). PENGARUH MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN. Lantanida Journal.

Muhibbin, S. (2003). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. JURNAL KEPENDIDIKAN.

Ratnawati, E., & Asniawati, A. (2020). Pemberian Motivasi Melalui Cerita dan Games Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Anak Usia SD Dan SMP. DIMASEJATI, 2.

Rosarin, A. W., & Sepdikasari Dirgantoro, K. P. (2020). UPAYA GURU DALAM MEMBANGUN INTERAKSI SISWA MELALUI METODE BELAJAR SAMBIL BERMAIN [TEACHER'S EFFORTS IN BUIKDING STUDENT INTERACTION USING A GAME BASED LEARNING MATHODE]. JOHME : Journal of Holistic Mathematics Education.

Sardiman, A. (2000). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo Persada.

Satriani. (n.d.). INOVASI PENDIDIKAN : METODE PEMBELAJARAN MOTOTON KE PEMBELAJARAN VARIATIF (METODE CERAMAH PLUS).

Surachmad, W. (n.d.). Metodologi Pengajaran Nasional. Bandung: CV Jemmars.

Link Laporan KKN-DR 2021

https://youtu.be/9qlertNtS08

Downloads

Published

2022-02-01

How to Cite

Dewi Febrianty , . E. ., & Gamayanti, W. . (2022). Pengaruh Program Calistungji KKN-DR Guna Membangun dan Meningkatkan Semangat Belajar Anak-Anak Pada Masa Pandemi Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(45), 17–37. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/755

Issue

Section

Articles