Optimalisasi Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 di Sdn 3 Ciburuy, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut
Keywords:
Pendidikan, Covid-19, Metode Pembelajaran, OptimalisasiAbstract
Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam membangun suatu negara dan menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat yang hidup dalam negara tersebut. Dewasa ini perlu diperhatikan bahwasanya permasalahan dalam pendidikan semakin kompleks, termasuk hasil belajar pada siswa-siswi di SDN 3 Ciburuy. Tidak Dapat dipungkiri bahwa hasil belajar dipandang sebagai salah satu indikator pendidikan dalam kualitas pendidikan. Oleh karena itu, hasil belajar perlu mendapat perhatian yang sangat serius khususnya di SDN 3 Ciburuy. Permasalahan yang terjadi di SDN 3 Ciburuy adalah menurunnya tingkat pengetahuan para siswa selama masa Pandemi sehingga mereka harus mengulangi berbagai mata pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya. Oleh karena itu, perlu adanya suatu program pendidikan dan metode pembelajaran baru yang bertujuan untuk mengoptimalisasi kembali pembelajaran di SDN 3 Ciburuy serta mampu meningkatkan semangat belajar dan ingatan siswa-siswi mengenai pelajaran yang terlupakan. Program pendidikan ini diterapkan pada siswa-siswi kelas 4 sampai kelas 6 SD. Hal ini dilakukan agar proses pelaksanaan program berjalan dengan lancar mengingat pola pikir anak dari usia 10 tahun sudah mampu mencerna setiap penjelasan yang diberikan.
References
Aulia Listya Rani. 2015. Optimalisasi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional PAUD Tahun 2015. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta
Helmiati. 2012. Model Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Pressindo
Hidayat Rahmat & Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan : Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Medan : Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI)
Maelani, Riska, Hasan Mustapa, dan Imam Saifullah. 2019. Progressivisme Manusia Indonesia: Kuantitas Sumber Daya Manusia Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. Vol 13; No. 01;2019;208-210
Maesaroh Siti. 2013. Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Surakarta : Universitas Nahdlatul Ulama
Nafrin Irinna Aulia & Hudaidah. 2021. Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 (457)
Rahmat Abdul. 2014. Pengantar Pendidikan : Teori, Konsep, dan Aplikasi. Gorontalo : Ideas Publishing
Rini Yuli Sectio. . Pendidikan : Hakekat, Tujuan, dan Proses. Jogyakarta : Universitas Negeri Jogyakarta
Saat Sulaiman. 2015. Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna dan Kedudukannya dalam Pendidikan). Jurnal Al-Ta’dib Volume 8
Sueni Ni Made. 2019. Metode, Model, dan Bentuk Model Pembelajaran (Tinjauan Pustaka). Bali : Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP Saraswati
Sukadari & T. Sulistyono. 2017. Ilmu Pendidikan Seri 1 (Konsep Dasar). Yogyakarta : Cipta Bersama
Yusuf Munir. 2018. Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo : Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Farizatul Fuadah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.