Wahyu Memandu Ilmu : Penanaman Karakter Bertanggungjawab, Mutsaqqoful Fikri, dan Munazhzhamun Fi Syu’nihi (Penanaman Karakter Kepada Generasi Muda Melalui Pendidikan, Praktik Lapangan dan Pemberdayaan Masyarakat di Desa Alamendah Kec. Rancabali Bandung

Authors

  • Hillman Noviyana Ramadhan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Assyifa Junitasari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Abstract

Degradasi moral begitu terlihat jelas adanya. Kesetimbangan pergaulan dunia maya
dan dunia nyata menjadi salah satu alasan dibalik terjadinya fenomena ini. Era
modern dan globalisasi ini tak memandang tua muda, siapa, kapan dan dimana.
Semua bisa saja terkena dampaknya. Pendidikan memiliki peranan penting
sesungguhnya dalam menanggulangi fenomena ini. Pendidikan masa kini yang
berbasis penilaian jarak jauh begitu menyusahkan para praktisi pendidikan dalam
membina karakter peserta didik karna keterbatasan ruang dan waktu yang ada.
Pendidikan karakter memiliki tiga fungsi utama. Pertama, fungsi pembentukan dan
pengembangan terhadap potensi. Kedua, fungsi perbaikan dan penguatan. Ketiga,
fungsi penyaring. Dari pendidikan karakter ini penulis memandang 3 karakter utama
yang harus dimiliki oleh generasi muda saat ini yakni Bertanggungjawab,
Mutsaqqoful Fikri, dan Munazhzhamun Fi Syu’nihi. Metode pengabdian ini dilakukan
dengan berbasis pemberdayaan masyarakat. Penanaman Karakter
Bertanggungjawab, Mutsaqqoful Fikri, dan Munazhzhamun Fi Syu’nihi, bisa
dilakukan dengan jembatan Pendidikan secara langsung, dan menggiring subjek ke
lapangan dengan beban amanah yang harus dijaga dan diselesaikan. Perubahan ada
masyarakat Kp Mekarbaru menunjukan Keberhasilan metode yang digunakan
dengan munculnya Indikator-indikator karakter yang dimaksud.

References

Asrial, Syahrial, Kurniawan, D. A., & Amalina, N. (2019). Analisis Hubungan Kompetensi

Bahasa Indonesia Terhadap Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Pendidikan

Guru Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan

Pembelajaran, 1-8.

Fahrudin, Asari, H., & Halimah, S. (2017). IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENANAMKAN

AKHLAKUL KARIMAH SISWA. Edu Riligia, 516-531.

Fanani, S., Fadhil, M., Huda, S., & Maftuhah, R. (2020). Modul Kuliah : AIK2 Ibadah,

Akhlaq, dan Muamalah. Surabaya: PPAIK (Pusat Pengkajian Al-Islam

KeMuhammadiyahan) Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Herlina, & Suherman, M. (2020). POTENSI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI

OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) DI TENGAH PANDEMI CORONA VIRUS

DISEASE(COVID)-19 DI SEKOLAH DASAR. TADULAKO JOURNAL SPORT

SCIENCES AND PHYSICAL EDUCATION, 1-7.

Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter.

Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 157-182.

Maisaro, A., Wiyono, B. B., & Arifin, I. (2018). MANAJEMEN PROGRAM PENGUATAN

PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR. JAMP: Jurnal Adminitrasi dan

Manajemen Pendidikan, 302-312.

Munawaroh, A. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. Jurnal

Penelitian Pendidikan Islam, 141-156.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). ANALISA PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI

DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI TENGAH PANDEMI VIRUS CORONA

COVID-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management,

Accounting and Researh), 30-36.

Permana, I. S. (2018). POLA PEMBINAAN ISLAM DI PESANTREN. Jurnal El-Hamra

(Kependidikan dan Kemasyarakatan), 1-11.

Purandina, P. Y., & Winaya, I. A. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga

Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta : Jurnal

Ilmu Pendidikan, 270-290.

Santika, I. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. IVCEJ : Indonesian

Values and Character Education Journal, 8-19.

Downloads

Published

2021-11-05

How to Cite

Ramadhan, H. N. ., & Junitasari, A. . (2021). Wahyu Memandu Ilmu : Penanaman Karakter Bertanggungjawab, Mutsaqqoful Fikri, dan Munazhzhamun Fi Syu’nihi (Penanaman Karakter Kepada Generasi Muda Melalui Pendidikan, Praktik Lapangan dan Pemberdayaan Masyarakat di Desa Alamendah Kec. Rancabali Bandung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(11), 46–60. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/72

Issue

Section

Articles