Penerapan Metode Qiroati dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur'an di Madrasah Al-Rizki

Authors

  • Fadia Faqih Mahardini Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Firdausya Fatwa Nurullita Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mochamad Rizal Nugraha Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Isep Zaenal Arifin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dadan Anugrah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Al-Qur’an, Pembelajaran, Qiro’ati

Abstract

Mempelajari Al-Qur’an merupakan kewajiban bagi setiap Muslim, karena Al-Qur’an merupakan  pedoman agama yang harus difahami dengan baik dan benar. Membaca Al-Qur’an  sangatlah berbeda dengan membaca  teks  pada umumnya.  Karena dalam  Al-Qur’an  terdapat kaidah-kaidah  tertentu  yang  apabila kaidah tersebut tidak  digunakan  maka makna  Al-Qur’an  pun akan berbeda.  Oleh  karena  itu,  perlu  adanya sebuah  metode  yang efektif dan inovatif  dalam  pembelajaran  Al-Qur’an. Penelitian  ini menggunakan  pendekatan penelitian tindakan yang lebih menekankan kepada partisipasi dan kolaboratif. Penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan dan juga menganalisa terkait dengan keefektifan metode qiroati dalam pembelajaran Al-Qur’an. Berdasarkan dengan hasil akhir dari analisis ini maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode qiro’ati berdampak baik pada kemampuan anak-anak di Madrasah Al-Rizki

References

Ali, R. (2017). Efektifitas Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Siswa Sdit Bunayya Medan . Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 183.

Amal, T. A. (2005). Rekonstruksi Sejarah Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Alfabet.

Fathoni, A. (2016). Petunjuk Praktis Tahsin Tartil Al-Qur’an Metode Maisura. Jakarta: Institut PTIQ Jakarta & Pesantren Takhasus IIQ Jakarta.

Maryani, L. (2018). Implementasi Metode Qiroati dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di SD IT Mutiara Hati Purwareja Kecamatan Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara. Purwokerto: Skripsi. Program S1 Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Matswa, M. (2016). Pembelajaran Al-Qur’an Melalui Metode Qiroati Studi Kasus di MI Sultan Agung Sleman Yogyakarta. Sleman: Skripsi. Program S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Moeslichatoen. (2004). Metode Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Nunung. (2020). Implementasi Metode Qiroati dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Ta’allumil Qur’an Al-Mutazam Broni. Jambi: Skripsi. Program S1 Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin.

Sanjaya, I. (2019). Pengaruh Metode Fun Learning pada Pembelajaran Gamolan Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SD 2 Sulusuban Lampung Tengah. Skripsi UNILA, Lampung, 22.

Downloads

Published

2021-12-15

How to Cite

Mahardini, F. F., Nurullita, F. F., Nugraha, M. R., Arifin, I. Z., & Anugrah, D. (2021). Penerapan Metode Qiroati dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di Madrasah Al-Rizki. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(24), 151–165. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/648

Issue

Section

Articles