PENDAMPINGAN BELAJAR MATEMATIKA SECARA ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID- 19

Authors

  • Elly Marlina Usman UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rizqia Sahda Nabila UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pendamping Belajar, Belajar Matematika, Covid19

Abstract

Pandemi Covid-19 mengakibatkan anak- anak harus melakukan pembelajaran secara
daring dan belajar mandiri, hal ini menjadikan orang tua memiliki peran penting
dalam kegiatan belajar anak. Namun, terbatasnya kemampuan orang tua dalam
menguasai materi khususnya pada mata pelajaran matematika menyebabkan orang
tua tidak percaya diri dalam mendampingi anak saat belajar. Hal tersebut melatar
belakangi terbentuknya program kegiatan pendampingan atau bimbingan belajar
matematika secara online ini merupakan rangkaian dari KKN- DR SISDAMAS UIN
Sunan Gunung Djati Bandung didesa Cisontrol. Tujuan dari kegiatan pendampingan
atau bimbingan belajar matematika secara online: 1) Menjadi fasilitator untuk anak
pada saat belajar matematika daring, 2) Meningkatkan pemahaman anak pada mata
pelajaran matematika, 3) sebagai program KKN- DR SISDAMAS UIN Sunan
Gunung Djati Bandung. Sasaran dari kegiatan ini adalah anak- anak usia sekolah
menengah Ikatan Remaja Masjid Nurhidayyah (IRMAN). Metodologi pengabdian
KKN- DR terdiri dari 3 siklus, yaitu: refleksi sosial (social reflection), perencanaan
partisipatif (participatory planning), dan pelaksanaan serta evaluasi (implementation
and evaluation). Setelah kegiatan dilaksanakan dilakukan analisis dan evaluasi, ada
beberapa kendala yang dialami selama pelaksanaan kegiatan namun terlihat bahwa
anak- anak mengalami peningkatan dalam pemahaman matematikanya. Kegiatan ini
mendapatkan respon yang baik dan diharapkan bisa terus berlanjut untuk
membimbing anak- anak dalam belajar matematika.

References

Abady, A. P. (2013). Perencanaan partisipatif dalam pembangunan daerah. Otoritas:

Jurnal Ilmu Pemerintahan, 3(1).

Astuti, Reni. (2012). Pola Pendampingan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)

Rumpun Tjoet Njak Dien Yogyakarta Bagi Pekerja Rumah Tangga Berbasis Hak

Asasi Manusia. (Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta).

BPKB Jawa Timur. (2001). Modul Pendampingan. Surabaya.

Deptan. (2004). Pendampingan Masyarakat. Jakarta.

Handayani, T., Khasanah, H. N., & Yoshinta, R. (2020). Pendampingan Belajar Di

Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal

Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 107-115.

Hastuti, N., & Roviati, E. (2020). Pendampingan Belajar Pengenalan Bahasa Inggris

Menyenangkan Dari Rumah Di Masa Pandemi Covid 19. Al-Khidmat, 3(2), 24-

Kemendikbud RI. (2020). Booklet Pembelajaran Daring. Jakarta: Direktorat Jenderal

Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI.

Maulana, A. H. (2018). Rendahnya Tingkat Pendidikan Dan Peran Orang Tua (Studi

Kasus Di Desa Banyuneng Laok, Kecamatan Geger, Kab. Bangkalan, Madura,

Jawa Timur). (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Nur, G. D. L. (2014). Pembelajaran Vokal Grup Dalam Kegiatan Pembelajaran Diri di

SMPN 1 Panumbangan Ciamis. (Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia)

Purwanto, S. E., & Kurniasih, M. D. (2018). Pendampingan Orang Tua Membimbing

Matematika Anak di Jatiluhur, Jatiasih, Kota Bekasi. Jurnal SOLMA, 7(1), 120-

Rahayu, A. S. (2017). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan

Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Sub Tema Keberagaman

Budaya Bangsaku (Penelitian Tindakan Kelas di Sekolah Dasar Negeri 161

Sukapura Tahun Ajaran 2017/2018). (Doctoral dissertation, FKIP Unpas).

Sudarwati, S., & Aristyanto, D. (2017). Refleksi Sosial Dan Psikologi Tokoh Utama

Dalam Novel Narcissu Karya Tomo Kataoka. Prosodi, 11(1), 87-102.

Susanah, M. P. Matematika dan Pendidikan Matematika.

Suyono & Hariyanto. (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya

Downloads

Published

2021-11-03

How to Cite

Usman , E. M. ., & Nabila, R. S. (2021). PENDAMPINGAN BELAJAR MATEMATIKA SECARA ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID- 19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(7), 24–36. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/57

Issue

Section

Articles