Analisis Dampak Perilaku Verbal Bullying Terhadap Motivasi Belajar dan Self Confident Siswa di SDN Mekarsari Tahun Pelajaran 2024/2025

Authors

  • Nadhira Syifa Awliya UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Liqa Nur Aliyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nabil Sidqi Ath Thariq UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Syfa Aulia Ihsani UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

bullying verbal, kepercayaan diri, motivasi belajar, pendidikan, intervensi

Abstract

Bullying, khususnya verbal bullying, merupakan masalah signifikan di lingkungan pendidikan yang dapat berdampak negatif pada kesejahteraan emosional dan prestasi akademis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh verbal bullying terhadap kepercayaan diri dan motivasi belajar siswa di SDN Mekarsari. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, mencakup wawancara mendalam, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa verbal bullying sering kali mengakibatkan penurunan kepercayaan diri dan motivasi
belajar, dengan dampak yang berbeda-beda pada setiap individu. Studi kasus pada siswa kelas IV, SR dan NT, mengungkapkan bahwa SR menjadi pendiam dan kurang termotivasi, sementara NT menunjukkan perilaku agresif dan kesulitan dalam mengendalikan emosi. Penelitian ini menekankan perlunya kesadaran lebih tinggi di kalangan guru dan staf sekolah tentang tanda-tanda bullying serta pentingnya intervensi yang tepat untuk mendukung korban. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah perlunya upaya bersama untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan inklusif

Downloads

Published

2024-12-14

How to Cite

Syifa Awliya, N., Nur Aliyah, L., Ath Thariq, N. S., & Ihsani, S. A. . (2024). Analisis Dampak Perilaku Verbal Bullying Terhadap Motivasi Belajar dan Self Confident Siswa di SDN Mekarsari Tahun Pelajaran 2024/2025. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 6(1), 1–9. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5130

Issue

Section

Articles