SOSIALISASI PENYULUHAN STOP BULLYING DI SD MUHAMMADIYAH BABAKAN CIPARAY KABUPATEN BANDUNG
Keywords:
Role of schools, Prevention, Bullying, KKN, community service, Babakan CiparayAbstract
Pencegahan bullying di sekolah dapat dilakukan dengan meningkatkan pengawasan dan memberikan sanksi yang tepat bagi pelaku. Selain itu, penyuluhan juga penting, misalnya dengan memasukkan materi tentang bullying ke dalam kurikulum, yang dapat mendukung perkembangan pribadi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran sekolah dalam mencegah tindakan bullying di SD Muhammadiyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Partisipan terdiri dari komunitas sekolah, termasuk kepala sekolah dan guru, yang dipilih melalui purposive sampling dengan total 60 partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencegahan bullying telah dilakukan melalui program pengawasan, penyuluhan, dan pendidikan karakter, yang terbukti efektif. Sekolah merespons dengan baik dalam upaya pencegahan bullying, termasuk memberikan dukungan bagi korban, pembinaan terhadap pelaku, serta evaluasi program untuk perbaikan ke depan. Berdasarkan hasil ini, sekolah dapat terus menerapkan pengawasan yang lebih ketat, bahkan dengan pemasangan CCTV di seluruh area sekolah. Selain itu, sekolah juga diharapkan mengembangkan program pencegahan bullying dengan menyusun aturan tertulis yang jelas.
References
Alwi, B. M. (2021). Etika Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Perspektifal Ghozali Dan Ibn Miskawaih. Attaqwa:Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Volume 17 Nomor 2.
Amarullah, R. Q. (2023). Metode Pendidikan Dalam Al-Qur’an (Teori Dan Praktik Dalam Pembelajaran). Bogor.
Arthinkle. (2013). Peran Orang Tua Dalam Mengatasi Bullying. . http://www.arthinkle.com/articles/detail.
Indy, R. W. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. . HOLISTIK, Journal Of Social and Culture,, 12(4), 1–21.
Moloeng, L. (2012). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nabela, D. e. (2021). Analisis GayaBelajar Peserta Didik Berprestasi selama Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol 5 No 4.
Nur, M. (2022). Identifikasi Perilaku Bullying Di Sekolah (Sebuah Upaya Preventif). . Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , Vol. 6, No. 3.
Nurhasanah, P. (2023). Peran Keluarga dalam Pendidikan Islam Guna Membentuk Generasi Islam yang Berkualitas di Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan West Science, Vol. 01, No. 10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sajidin, Syaiful Bahri, Ike Ardianti, Yessa Putri Dermawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.