Sosialisasi Program Anti-Bullying dalam Meningkatkan Kesadaran Siswa/i SDN Teja 1 Terhadap Perilaku Bullying
Keywords:
bullying, Sekolah, KesadaranAbstract
Bullying adalah segala bentuk kekerasan yang dilakukan secara berulang-ulang atau terus menerus yang biasanya melibatkan ketidakseimbangan kekuatan antara pelaku dan korban, yang dapat terjadi di berbagai lingkungan. Sekolah menjadi salah satu tempat yang kerap kali terjadi kasus pembullyan. Bullying terjadi dalam berbagai bentuk baik itu fisik,verbal, psikologis dan cyber. Dampak bullying ternyata bukan hanya dialami oleh korban saja melainkan pelaku pun akan ikut merasakan dampak negatifnya. Maka perlu suatu upaya untuk meningkatkan kesadaran bagi siswa/i mengenai bahayanya perilaku bullying. Berdasarkan latar belakang tersebut, Kelompok 2 KKN Tematik Majalengka UIN Sunan Gunung Djati Bandung melakukan suatu program sosialisasi Anti Bullying di SDN Teja 1 yang bertepat di Desa Teja, Kec. Rajagaluh Kab. Majalengka. Sosialisai dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran siswa/i terhadap perilaku bullying yang mana dengan begitu diharapkan dapat mengurangi kasus bullying di lingkungan sekolah. Masih banyak sekali siswa/i yang belum bisa membedakan apakah perilaku-perilaku yang biasa dijadikan bahan candaan oleh anak sekolah tersebut termasuk ke dalam perilaku bullying atau tidak sehingga dalam program ini kami memberikan pemahaman terhadap siswa/i melalui materi dan penayangan video animasi guna bisa dipahami dengan mudah. Adapun hasil dari kegiatan ini siswa/i dapat mengetahui mengenai bentuk bullying dan cara mencegah tindakan bullying.
References
Agustina Wulan, Murtana Agus, Handayani Sri. 2022. “Pendampingan Siswa Dalam
Upaya Pencegahan Bullying Di Sekolah.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
(JPKM) - Aphelion 4 (Desember): 603–8. http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPM.
Kartika, Kusumasari, Hima Darmayanti, and Farida Kurniawati. 2019. “Fenomena
Bullying Di Sekolah: Apa Dan Bagaimana?” Pedagogia 17 (1): 55.
https://doi.org/10.17509/pdgia.v17i1.13980.
Lusiana, Siti Nur Elisa Lusiana, and Siful Arifin. 2022. “Dampak Bullying Terhadap
Kepribadian Dan Pendidikan Seorang Anak.” Kariman: Jurnal Pendidikan
Keislaman 10 (2): 337–50. https://doi.org/10.52185/kariman.v10i2.252.
Nahuda, Nahuda, Andriyani Andriyani, and Mugiyono Mugiyono. 2023. “Pendidikan
Anak Perspektif Pendidikan Islam Terhadap Fenomena Bullying Di Lingkungan
Sekolah.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 8 (1): 32.
https://doi.org/10.30998/sap.v8i1.15180.
Putri, Elsya Derma. 2022. “Kasus Bullying Di Lingkungan Sekolah : Dampak Serta
Penanganannya.” Keguruan: Jurnal Penelitian, Pemikiran Dan Pengabdian 10:
–30.
Sukmawati, Indah, Alfadha Henryan Fenyara, Arief Fadhilah Fadhilah, and Chahya
Kharin Herbawani. 2021. “Dampak Bullying Pada Anak Dan Remaja Terhadap
Kesehatan Mental.” Prosiding Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat 2021 2
(1): 126–44.
Yuyarti. 2018. “Mengatasi Bullying Melalui Pendidikan Karakter.” Jurnal Kreatif 9 (1):
–57
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dede Siti Purlina, Hedi Wildan Nugraha, Muhamad Gilang Alfariz Andiana, Rahma Nurlaila, Wandani Isnaeni, Aziz Sholeh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.