KKN SISDAMAS: Pemberdayaan Umkm Pengrajin Mebel Melalui Digital Marketing Sosial Media Instagram
Keywords:
Digital Marketing, Pemberdayaan, UMKMAbstract
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Sunan Gunung Djati melaksanakan
kegiatan pengabdian pada tanggal 28 Juli hingga 31 Agustus yang bertempat
di Desa Pakuhaji Kampung Cikawati Kec. Ngamprah Kab. Bandung Barat.
Setelah mengamati dan menggali potensi permasalahan yang dialami
masyarakat pengrajin mebel yang ada di Kampung Cikawati masih belum
mencapai target dalam hal marketing dan promosi. Karena kurangnya
pemahaman pengrajin mebel dalam mempromosikan usaha mebel di media
sosial khususnya instagram. Dari hasil rembuk warga RW 06 kami sepakat
untuk mengadakan program kerja diantaranya pemberdayaan masyarakat
dalam UMKM pengrajin mebel melalui media sosial instagram. Metode
pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan mengadopsi langkahlangkah pengabdian berbasis pemberdayaan masyarakat (Sisdamas) yang
diusung oleh Tim Pusat Pengabdian LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung,
yaitu siklus I hingga IV. Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) telah berjalan
dengan baik secara keseluruhan dan sesuai dengan yang kami harapkan.
Meskipun ada beberapa hal yang belum sesuai dengan jadwal yang sudah
kami tetapkan, kegiatan program kerja tetap berjalan lancar dan terpenuhi
dengan baik.
References
Afifah Nasution, M., & Afandi, A. (2022).
Penggunaan Digital Marketing kepada Pelaku UMKM di Desa Saentis Kabupaten Deli Serdang. FUSION : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan Dan Pendampingan , 1(1). https://jurnal.perima.or.id/index.php
/ABP
Billah, tasim, Rafinsyah, A., Mawangga Putri, A., Oktavianingrum, A., Rosyidah, idatur, Pembangunan Nasional, U., & Timur, J. (2023). Peningkatan Kewirausahaan Dan Kemandirian Ekonomi Pada UMKM Mebel Melalui Penerapan Pemasaran Digital Increasing Entrepreneurship and Economic Independence in MSMEs Furniture Through the Implementation of Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 29–37. https://doi.org/10.55606/jpkm.v2i2. 131
Mahendra Ardiansyah, W. (2023). Peran Teknologi dalam Transformasi Ekonomi dan Bisnis di Era Digital. https://journal.sabajayapublisher.co m/index.php/jmeb
Shabrina, V. G. (2019). Pengaruh Revolusi Digital terhadap Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.25008/jpi.v1i2.16
Sifwah, M. A., Nikhal, Z. Z., Dewi, A. P., Nurcahyani, N., Latifah, R. N., Program, S., Manajemen, F., Ekonomi, D., Bisnis, U., Pamulang, K. T., Selatan, P., & Banten, I. (2024). E- Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production , 2(1).
Suyadi, Syahdanur, & Suryani, S. (2018). Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Ekonomi KIAT, 29(1).https://journal.uir.ac.id/index.php/ki at
Zahra Firdausya, L., Perwira Ompusunggu, D., & kunci, K. (2023). USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI ERA DIGITAL ABAD 21 MICRO, SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES (MSME) THE DIGITAL AGE OF THE 21 ST CENTURY. TALIJAGAD, 2023(3), 14–18. https://journal.unusida.ac.id/index.p hp/tali-jagad/index
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alya Nur Azizah, Devina Ayu, Dhesinta Hermaniar Putri, Samia Insyirah Gunawan, Ilyas Rifa'i
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.