Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Melalui Metode Tajwid Ceria Di Madrasah An-Nisa Desa Cikasungka
Keywords:
Metode Tajwid Ceria, Membaca Al-Qur'an, Makharijul Huruf, Ilmu TajwidAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman anak anak Madrasah An-Nisa Desa Cikasungka dalam memahami ilmu tajwid dan makharijul huruf sehingga banyak anak yang mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi objektif kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak anak di Madrasah An-Nisa Desa Cikasungka, mengetahui bagaimana penerapan metode Tajwid Ceria untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak-anak di Madrasah An-Nisa Desa Cikasungka serta mengetahui bagaimana pengaruh penerapan metode Tajwid Ceria untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak-anak di Madrasah An-Nisa Desa Cikasungka. Metode Tajwid Ceria adalah metode yang disusun secara aplikatif dan menyenangkan. Adapun metode yang dipakai terkait penelitian ini adalah metode dengan pendekatan Community Service Program yang mana hasil dari penelitian ini adalah penerapan metode Tajwid Ceria dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak-anak di Madrasah An-Nisa Desa Cikasungka. Metode Tajwid Ceria merupakan suatu metode pembelajaran membaca Al-Qur’an yang pengajarannya langsung pada penekanan ilmu tajwid dan membaca makharijul huruf dengan menggunakan buku panduan Tajwid Praktis karya KH. As’ad Humam. Metode Tajwid Ceria ini merupakan sebuah inovasi metode pembelajaran yang cukup efektif dan signifikan dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak-anak di Madrasah An-Nisa Desa Cikasungka
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Azmi Najwa Azalia Zahran, Abdul Halim Al Muhasiby, Ahmad Nurali Shadiqin, Najwa Adila Putri, Riva Chika Rahayu, Ucin Muksin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.