Peranan Guru Mengaji dalam Memotivasi Anak-Anak Belajar Membaca Al-Qur’an Di Pengajian Ibu Imas dan Pak Retno Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung

Penulis

  • Adisty Wulansari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Putri Yuni Wildansyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tammy Dwi Karini Iswandi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Vilda Azizah Wiguna UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Guru, Mengaji, Motivasi, Al-Qur’an

Abstrak

Al-Qur’an adalah pedoman hidup bagi umat Islam, sehingga mempelajarinya wajib bagi setiap Muslim. Namun, bagi anak-anak sering kali membutuhkan motivasi dan bimbingan dari guru yang kompeten untuk mempelajarinya dengan baik. Di pengajian Ibu Imas dan Pak Retno di Kecamatan Bojongsoang, peran guru mengaji sangat penting dalam memotivasi anak-anak. Melalui metode pengajaran yang efektif, guru diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, menumbuhkan kecintaan pada Al-Qur’an, dan mendorong anak-anak untuk terus belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri peran guru-guru mengaji dalam memotivasi abak-anak di pengajian tersebut, mengidentifikasi tantangan yang mereka hadapi dan cara mereka mengatasi hambatan dalam pembelajaran Al-Qur’an. Peneliti menggunakan metode deskriptif dengan observasi dan wawancara untuk mendapatkan hasil penelitian. Peran guru mengaji dalam memotivasi anak-anak untuk belajar membaca Al-Qur’an dibahas dalam konteks pengajaran Ibu Imas dan Pak Retno untuk menumbuhkan semangat belajar membaca Al-Qur’an.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-18

Cara Mengutip

Wulansari, A., Putri Yuni Wildansyah, Tammy Dwi Karini Iswandi, & Vilda Azizah Wiguna. (2024). Peranan Guru Mengaji dalam Memotivasi Anak-Anak Belajar Membaca Al-Qur’an Di Pengajian Ibu Imas dan Pak Retno Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 6(5), 1–20. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/4671

Terbitan

Bagian

Articles