Implementasi Program Kerja KKN Dalam Hubungan Antara Penggunaan Gadget Dan Keterlambatan Perkembangan Bicara Pada Anak di Kampung Sukamaju
Keywords:
Sukamaju, Pengabdian, KKN, Program, Masyarakat, Penggunaan Gadget, Keterlambatan Bicara, Anak Usia Dini, Perkembangan Bicara, Interaksi, VerbalAbstract
Penggunaan gadget pada anak usia dini semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi, namun hal ini memunculkan kekhawatiran terkait dampaknya terhadap perkembangan bicara anak. Program Kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara penggunaan gadget dan keterlambatan perkembangan bicara pada anak-anak di Kampung Sukamaju. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dan observasi terhadap 50 anak usia 3-5 tahun, yang dikombinasikan dengan wawancara orang tua mengenai pola penggunaan gadget dan perkembangan bicara anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 60% anak yang menggunakan gadget lebih dari 3 jam per hari mengalami keterlambatan perkembangan bicara. Selain itu, faktor lain seperti kurangnya interaksi verbal dengan orang tua juga berkontribusi terhadap keterlambatan ini. Kesimpulannya, penggunaan gadget yang berlebihan pada anak usia dini berpotensi menyebabkan keterlambatan perkembangan bicara. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah pentingnya edukasi kepada orang tua mengenai batasan penggunaan gadget dan peningkatan interaksi langsung dengan anak untuk mendukung perkembangan bicara yang optimal.
References
Hidayat, Arief, and Syarah Siti Maesyaroh. “Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini.”
JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan 1, no. 5 (2022):
https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v1i5.159.
Irianto, Bambang S, Zenita Delia Reviska, Khamilatun Nisah, Amelia Suci, Joshua Aldo,
Tri Putra, Universitas Pembangunan, Nasional Veteran, and Jawa Timur.
“Penyuluham Hukum Dampak Penggunaan Gadget Secara Berlebihan Bagi Anak
Usia Sekolah Dasar Di SDN Sidodadi 2 Sidoarjo” 1, no. 3 (2024).
Prastiwi, Ikha, Rizky Fitri Andini, and Alfaura Ajeng tahun 2022 Abidanon. “DURASI
PENGGUNAAN GADGET DALAM PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH
Volume 08 No 02 Tahun 2022,” n.d., 16–22.
Safitri, Laila, Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhammadiyah Lampung, and
Bandar Lampung. “Pengaruh Penggunaan Gadge t Terhadap Perkembangan
Bahasa Anak Usia Dini” 4, no. 1 (2024): 54–66.
Setiawani, Deni, and Saidah Saidah. “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap
Perkembangan Psikologi Pada Anak Kelas V SD 77 Rejang Lebong.” Pendas :
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 7, no. 2 (2022): 851–64.
https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/6837%0Ahttps://journ
al.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/download/6837/2580
Suryawan, Kadek Bayu, and Lie Tanu Merijanti. “Bermain Aplikasi Gadget Berhubungan
Dengan Keterlambatan Perkembangan Bicara Dan Bahasa Pada Balita.” Jurnal
Biomedika Dan Kesehatan 4, no. 4 (2021): 157–63.
https://doi.org/10.18051/jbiomedkes.2021.v4.157-163.
Umah, Restu Yulia Hidayatul. “Gadget Dan Speech Delay: Kajian Perkembangan
Kemampuan Berbahasa Anak.” Gadget Dan Speech Delay : Kajian Kemampuan
Perkembangan Berbahasa Anak 2, no. 2 (2021): 236–42
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurul Fadilla, Ade Nina Nopiana, Fiki Aprian, Fashihatul Insi A, Efran Fauzi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.