Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di MDTA (Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah) Al-Istiqomah dengan Penguatan Modul Pembelajaran

Penulis

  • Yeni Yeni UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ahmad Zaki Yamini UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Iis Sumiati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tania Oktavianti UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Vegia Andriana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Modul Pembelajaran, Kualitas Pembelajaran, Materi Keagamaan.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MDTA
(Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah) Al-Istiqomah dengan pembuatan modul
pembelajaran. Modul ini dikembangkan berdasarkan hasil observasi dan
identifikasi masalah. Selama mengajar di MDTA Al-Istiqomah dan Rumah Tahfidz
Al-Fallah, yang menunjukkan kurangnya struktur dalam materi pengajaran,
terutama terkait ilmu tajwid, fiqih, doa-doa harian, hadis, dan hafalan Al-Qur’an.
Melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 190, disusun modul
pembelajaran yang berfokus pada materi keagamaan tersebut untuk membantu
pengajar dalam menyampaikan materi secara terstruktur dan terjadwal. Metode
pengabdian berbasis pemberdayaan masyarakat digunakan untuk merancang,
menyusun, dan mengimplementasikan modul tersebut, dengan tujuan
meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi keagamaan. Evaluasi
menunjukkan adanya peningkatan dalam kualitas pembelajaran serta pemahaman
siswa.

Referensi

Akbar, A. B. (2022). PENDAMPINGAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN TAJWID YANG BENAR BAGI MASYARAKAT DISEKITAR LINGKUNGAN KAMPUS. BUDIMAS: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT,

(2). https://doi.org/10.29040/budimas.v4i2.6 131

Fauzi, M. N. (2023). Problematika Guru Mengimplementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4),

https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2688

Liah, A. A. A., Mahariah, & Azhar, I. S. (2024). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DI MDTA AL-MUTTAQIN KELURAHAN JATI UTOMO KOTA BINJAI. Jurnal Iqtirahaat, 8(1). https://jurnal.staijm.ac.id/ojs/index.php/iqtirahaat/issue/view/32

Mansir, F. (2020). Urgensi Pembelajaran Fiqih dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa Madrasah: Pembelajaran Fiqih. ALWIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 5(2), 167–179. https://doi.org/10.58788/alwijdn.v5i2.53 8

Memorata, A., & Santoso, D. (2016). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dan Hasil Belajar Merakit

Personal Menggunakan Structured Komputer Dyadic Methods (SDM). E Journal Students UNY, 1(9). https://journal.student.uny.ac.id/pti/article/viewFile/7862/pdf

Rosyidatul, I., Suhadi, S., & Faturrohman, M. (2021). PENINGKATAN HAFALAN AL-QUR’AN MELALUI METODE TALAQQI. Al’Ulum Jurnal Pendidikan Islam, 83–94. https://doi.org/10.54090/alulum.114

Saadah, A. (2022). Pedoman Penyelenggaraan Madrasah Diniyah Takmiliyah. Kemenag: Jakarta.

S.Sirate, S. F., & Ramadhana, R. (2017). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN

BERBASIS KETERAMPILAN LITERASI. Inspiratif Pendidikan, 6(2), 316. https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5763

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-16

Cara Mengutip

Yeni, Y., Yamini, A. Z. ., Sumiati, I., Oktavianti, T., & Andriana, V. (2024). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di MDTA (Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah) Al-Istiqomah dengan Penguatan Modul Pembelajaran. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 6(5), 1–8. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/4562

Terbitan

Bagian

Articles