Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik SMP Al-Munawwaroh melalui Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together
Kata Kunci:
Matematika, Numbered Heads Together, Pembelajaran Inovatif, Motivasi BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa di SMP Al-Munawwaroh melalui penerapan model pembelajaran inovatif “Numbered Heads Together” (NHT). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari program pengabdian kepada masyarakat di Desa Sumbersari, khususnya di Dusun II, dengan melibatkan siswa dalam berbagai aktivitas kolaboratif. Metode penelitian melibatkan penyebaran kuesioner untuk mengukur motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model NHT. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam motivasi belajar siswa, di mana jumlah siswa yang sebelumnya berada dalam kategori motivasi rendah berkurang dari 9 menjadi 1 orang, sementara 12 siswa lainnya mencapai kategori motivasi tinggi setelah penerapan model NHT. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran NHT efektif dalam meningkatkan motivasi belajar matematika, menciptakan lingkungan belajar yang lebih aktif, serta mendorong keterlibatan dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Himaayatul Luthfa Kamala, Isni Husniatul, Muhammad Farhan Firdaus

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

