KEGIATAN OPERASI KEBERSIHAN DI DESA KARANGANYAR KECAMATAN CILILIN

Authors

  • Indah Sova Sonia Indah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fikri Taufiqurohman Fikri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Ihsanul Amal Ihsan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Aditya Ardiansyah

Keywords:

Desa Karanganyar, KKN, Masyarakat, Kebersihan, Operasi

Abstract

Kebersihan menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kita, berpengaruh kepada penglihatan karena lebih enak dilihat. Program ini dilaksanakan guna membantu masyarakat untuk mengerjakan operasi kebersihan bisa berjalan dengan efektif. Metode penelitian yang dilakukan pada KKN ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menambahkan hasil penelitian dari penelitian kualitatif. Dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa masalah mengenai operasi kebersihan yang masih kurang maksimal dikarenakan kurangnya alat berat yang lebih bisa membantu, berkurangnya antusias dari masyarakat untuk mengikuti kegiatan operasi kebersihan tersebut. Dalam hal ini di kegiatan pengabdian di desa Karanganyar ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kebersihan secara bersama-sama. Dapat disimpulkan bahwa program ini dapat membangun kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

References

Andradita, Todia, Rizka Qurrota Ayuni, Annisa Nailah, Fikri Aljaziri, and Siti Meliyatun. 2021. “Membangun Motivasi Belajar Anak Melalui Peran KKN Di Kelurahan Harjasari Pada Masa Pandemi Covid-19” 57 (Desember).

Jumarsa, M. Riza, Jailani. 2022. “MASYARAKAT DALAM MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN DI GAMPONG COT SIREN SAMALANGA KABUPATEN BIREUEN.” Jurnal Biology Education 8 (2): 109– 21.

Downloads

Published

2023-11-15

How to Cite

Indah, I. S. S., Fikri, F. T., Ihsan, M. I. A., & Ardiansyah, A. (2023). KEGIATAN OPERASI KEBERSIHAN DI DESA KARANGANYAR KECAMATAN CILILIN. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(6), 38–44. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3703