Sosialisasi Peranan Digital Marketing Bagi UMKM Di Desa Ujung Genteng

Authors

  • Dhini Rachmawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nindia Ramadhani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tasya Aulia Komarullah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Digital Marketing, Social Media, UMKM

Abstract

media digital secara online dengan memanfaatkan berbagai sarana misalnya jejaring sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang pemasaran digital, terutama media sosial, bagi para pelaku bisnis Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk meningkatkan penjualan dan laba mereka. Dihadiri oleh peserta UMKM Desa Ujung genteng, metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah; pertama, penjelasan menggunakan sosial media; kedua, berbagi pengalaman dan diskusi; dan terakhir, praktik langsung membuat akun media sosial (Facebook dan Instagram) dan cara membuatnya menarik bagi pembeli (gambar, kata-kata, cerita, dll). Hasilnya menunjukkan bebarapa pelaku usaha secara aktif menggunakan media sosial sebagai alat promosi mereka dan mereka belum memisahkan akun toko online mereka dengan akun pribadi mereka, beberapa orang lain menggunakannya sesekali, dan sisanya peserta tidak pernah menggunakan pemasaran media sosial karena kurangnya teknologi ketrampilan. Semua peserta menunjukkan minat besar untuk menggunakan pemasaran media sosial secara terus menerus.

Downloads

Published

2021-11-06

How to Cite

Rachmawati, D. ., Ramadhani, N. ., & Komarullah, T. A. . (2021). Sosialisasi Peranan Digital Marketing Bagi UMKM Di Desa Ujung Genteng. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(29), 89–104. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/366

Issue

Section

Articles