Potensi dan Strategi Pengelolaan Kopi Bumdes Desa Sugihmukti Kecamatan Pasirjambu
Strategi Untuk Peningkatan Penjualan
Keywords:
Kopi, Potensi Bumdes, Startegi MarketingAbstract
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara beserta observasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) potensi yang dikelola oleh Bumdes Sugihmukti; (2) proses pengelolaan kopi Bumdes Sugihmukti; (3) sistem penjualan kopi Bumdes Sugihmukti; (4) strategi Bumdes dalam meningkatkan omzet; (5) faktor penghambat dan pendukung upgrading Bumdes Sugihmukti.
Kata Kunci: Kopi, Strategi Marketing, Potensi Bumdes
References
Ajat Rukajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Yogyakarta: Deepublish
Amirullah dan P. Tandisau. 2005. Studi identifikasi kebutuhan teknologi jagung spesifik lokasi lahan kering di Jeneponto, Sulawesi Selatan. Prosiding Seminar Nasional Jagung 2005. Suyamto et al. (Dewan Redaksi). Puslibangtan. Hal. 814-819.
Asiah, N., Septiyana, F., Saptono, U., Cempaka, L., & Sari, D. A. (2017). Identifikasi Cita Rasa Sajian Tubruk Kopi Robusta Cibulao Pada Berbagai Suhu Dan Tingkat Kehalusan Penyeduhan. Barometer, 2(2), 52–56.
Departemen Pertanian RI. 2004, Rencana Strategis Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian 2005- 2009. Jakarta: Departemen Pertanian RI
Eleonora, L. (2017). Bangkitnya Semangat Kopi Specialty di Kota Pahlawan. Kopikini., diakses 10 September 2023, dari http://kopikini.com/bangkitnya-semangat-kopi-specialty-di-kota-pahlawan
Faisal, Muhammad. Pembangunan Desa dalam Perspektif Sosiohistoris. Makassar: Garis Khatulistiwa, 2019.
Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset
Jufriyanto M. 2020. Analisis tingkat kepuasan konsumen pada kualitas pelayanan kedai kopi shelter. Matrik: Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi. 20(2): 79-90. https://doi.org/10.30587/matrik. 202.1131
Kusno, K., Fadli, M., Karyani, T., & Djuwendah, E. (2019). Identifikasi Faktor-Faktor Keputusan Konsumen Dalam Membeli Kopi Arabika Manglayang Larlina di Warung Kopi Kiwari. Agricore, 4(2528), 13–22 Kusno, K., Fadli, M., Karyani, T., & Djuwendah, E. (2019). Identifikasi Faktor-Faktor Keputusan Konsumen Dalam Membeli Kopi Arabika Manglayang Larlina di Warung Kopi Kiwari. Agricore, 4(2528), 13–22
Rossi M, Ethika D, Widyarini I. 2021. Analisis kepuasan konsumen kopi pada kedai kopi di wilayah Purwokerto. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis. 5(3): 878-891. https://doi.org/10.21776/ ub.jepa.2021.005.03.25
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fariska Oktimelia Sunanda, Kais Agung, Raghib Musoffa, Toneng Listiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.