Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca, Menulis, Berhitung Anak-Anak Melalui Program Bimbel Bersama Menyenangkan

Authors

  • Kartika Puspitasari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Didin Hafizhuddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yose Afrizal UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nurhayati UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Berhitung, Bimbingan Belajar, Membaca, dan Menulis

Abstract

33% dari 71 siswa madrasah ibtidaiyah, masih terbatas menguasai keterampilan membaca, menulis, dan berhitung. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca, menulis, dan berhitung (calistung) melalui program kegiatan bimbel bersama menyenangkan.  Metode pengabdian yang digunakan metode sisdamas atau berbasis pemberdayaan masyarakat yang terdiri dari empat siklus. Dua belas kali pertemuan bimbel bersama menyenangkan berhasil meningkatkan keterampilan siswa madrasah ibtidaiyah. Tolak ukur keberhasilan ini terlihat dari tiga aspek, diantaranya aspek kognitif, sikap, dan afektif. Pada aspek kognitif, pada kelompok 1 (belum bisa membaca dan menulis alfabet), mengalami peningkatan sebesar 53,3% dari 15 siswa yang mengikuti bimbel bersama menyenangkan. Pada kelompok 2 (sudah bisa membaca dan menulis alfabet tetapi masih keliru), mengalami peningkatan sebesar 60% dari 5 siswa yang mengikuti bimbel bersama menyenangkan. Pada kelompok 3 (Sudah bisa membaca dan menulis alfabet tetapi belum lancar), mengalami peningkatan sebesar 100% dari 4 siswa yang mengikuti bimbel bersama menyenangkan. Pada aspek sikap para siswa mengalami peningkatan seperti lebih berani dan percaya diri dalam membaca, menulis, dan berhitung. Pada aspek afektif, para siswa mengalami peningkatan seperti tumbuhnya kerjasama dengan sesama siswa dan bisa berinteraksi dengan baik. Untuk keberlanjutan dari kegiatan program calistung ini ditunjuklah seorang duta pemberdaya agar pemberdayaan ini terus berlanjut setelah pengabdiaan ini selesai dilakukan.

Downloads

Published

2023-11-15

How to Cite

Kartika Puspitasari, Didin Hafizhuddin, Yose Afrizal, & Nurhayati. (2023). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca, Menulis, Berhitung Anak-Anak Melalui Program Bimbel Bersama Menyenangkan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(7), 109–118. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3478