Pengolahan dan Pemanfaatan Sampah Yang Bernilai Ekonomis dalam Upaya Merawat Lingkungan Guna Menumbuhkan Kreativitas Masyarakat

Authors

  • Muhammad Zaenal Asikin UIN Sunan Gunung Djati
  • Andri Subandri UIN Sunan Gunung Djati
  • Astri Sukma Wardani UIN Sunan Gunung Djati
  • Farah Khasrafi UIN Sunan Gunung Djati
  • Indah Annisa Putri UIN Sunan Gunung Djati

Keywords:

Sampah, Plastik, KKN, Lingkungan, Masyarakat

Abstract

Kuliah Kerja Nyata merupakan proses pembelajaran mahasiswa melalui berbagai kegiatan dimasyarakat secara langsung, Dalam upaya mengimplementasikan peran mahasiswa sebagai agen perubahan yang dimana kendala di masyarakat salah satunya yang terjadi di Dusun 3 Desa Panundaan karena kurangnya lahan pembuangan akhir dan pengolahan sampah menyebabkan banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan seperti di sungai dan di sekitar pemukiman penduduk. Penulisan Artikel ini bertujuan memberikan informasi terkait pengolahan dan pemanfaatan sampah yang telah dilakukan dilingkungan Dusun 3 bersama Bank sampah Jagadhita yaitu salah satunya dengan launching sedekah sampah. Sedekah sampah ini dilakukan dengan membuat sebuah kerajinan atau karya berupa tempat sampah. Dengan demikian  hal ini dapat membantu mengurangi sampah botol plastik di sekitar. Artikel ini diharapkan dapat memberikan informasi dalam Pengolahan dan Pemanfaatan sampah yang bernilai ekonomis serta dapat menumbuhkan kreativitas masyarakat agar sampah dapat menjadi suatu hal yang berguna serta kelestarian lingkungan pun dapat terjaga.

References

Abd Muis, A., Mursalim, N., Yulianti Nacjmi, N., Setiawan, I., Rifli Aris, M., Asdar, M., . . . Aziza, N. (2021). Pemanfaatan Sampah Plastik Dalam Upaya Merawat Lingkungan Guna Menumbuhkan Kreativitas Masyarakat. Community Development Journal.

Friyatna G, S. P. (2023). Call for papers dan Seminar Nasional Sains dan Teknologi Ke-2 2023 Fakultas Teknik, Universitas Pelita Bangsa.

Indang Dewata, Y. H. (2018). Pencemaran Lingkungan. Rajawali Pers.

Maknun, D. (2017). Ekologi: Populasi, Komunitas, Ekosistem Mewujudkan Kampus Hijau, Islami dan Ilmiah. Nurjati Press.

Riyadi, F., & Anggara, F. R. (2022). Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Oleh Pemerintah Daerah Kudus Perspektif Fiqh Bi'ah.

Sampah, P., Ekonomis|, B., Bernilai, Y., Efraim, E., Bolu, U., Riri Lusita, A., . . . Solihin, M. (2022). Sinergi Perguruan Tinggi dan Mitra dalam Mewujudkan Masyarakat Mandiri, Produktif dan Berdaya Saing Web-Seminar Nasional (Webinar) Universitas Respati Yogyakarta.

Wahyudin. (2016). Analisis Teknik Operasional Pengelolaan Sampah Perkotaan di Kota Bima. Jurnal Masyarakat Kesehatan UNTB.

Wibowo, H. D. (2012). Kearifan Lokal Dalam Menjaga Lingkungan Hidup (Studi Kasus Masyarakat Di Desa Colo Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus). Journal of Educational Social Studies.

Downloads

Published

2023-11-15

How to Cite

Muhammad Zaenal Asikin, Subandri, A., Wardani, A. S., Khasrafi, F., & Putri, I. A. (2023). Pengolahan dan Pemanfaatan Sampah Yang Bernilai Ekonomis dalam Upaya Merawat Lingkungan Guna Menumbuhkan Kreativitas Masyarakat . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(6), 174–183. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3294