Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Quran dengan Metode Talaqqi dan Tikrar bagi Anak-Anak MDTA Al-Ali
Keywords:
Menghafal, Al-quran, Talaqqi, TikrarAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diwujudkan dalam program pembinaan tahfidz Al-Quran dilatarbelakangi oleh semangat yang tinggi dari anak-anak dalam mengikuti kegiatan pengajian, namun semangat tersebut belum terdukung karena belum adanya program khusus untuk meningkatkan potensi yang dimiliki anak-anak khususnya dalam bidang tahfidz Al-Quran. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Quran bagi anak-anak dengan menerapkan metode talaqqi yakni menyetorkan hafalan secara langsung dan metode tikrar yakni mengulang-ulang hafalan. Metode pengabdian menggunakan metode sisdamas atau berbasis pemberdayaan masyarakat yang terdiri dari Siklus I, Siklus II dan Siklus III. Hasil dari pengabdian ini adalah peningkatan kemampuan menghafal Al-Quran bagi anak-anak kelas 5 dan 6 MDTA Al-Ali, dan sebanyak 20 dari 23 anak mampu menyelesaikan target hafalan. Berdasarkan hasil pengabdian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode talaqqi dan tikrar efektif untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Quran bagi anak-anak kelas 5 dan kelas 6 MDTA Al-Ali.
References
Al-Hafizh, Saiful Aziz. (2016). 60 Hari Hafal Al-Quran: Pedoman Daurah Aplikatif. Solo: Tinta Medina.
Amin, Al Fauzan. (2015). Metode & Model Pembelajaran Agama Islam. Bengkulu: IAIN Bengkulu Press.
Imariani, Imariani (2019) Bimbingan agama untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Quran melalui metode tikrar: Studi deskriptif di SD Bintang Madani Bandung Jl.Terusan Pesantren no 102, Cisaranten Bina Harapan, Arcamanik Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/25025/
Ma'ruf, Amari. dan Hadi, Nur. (2014). Mengkaji Ilmu Tafsir. Solo : Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Wahidi, Ridhoul. dan Wahyudi, Rofiul. (2019). Metode Cepat Hafal Al-Quran Saat Sibuk Kuliah. Klaten: Semesta Hikmah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Rijal Habibulloh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.