Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Bahan Bekas di SDN Bungur Endah

Authors

  • Sifa Marisa Sutianti UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Putri Annisa Tsaniya UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nia Mimi Nurkarlina UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Abdullah Azzam Azzam UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sa’diyatur Roofiqoh Roofiqoh UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

bahan bekas, media pembelajaran, kreativitas

Abstract

Artikel ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran berbasis bahan bekas di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Bungur Endah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia secara ekonomis dan ramah lingkungan. Metode pengembangan meliputi analisis kebutuhan, desain, implementasi, evaluasi, dan penyempurnaan media pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis bahan bekas memberikan dampak positif terhadap keterlibatan dan pemahaman siswa. Selain itu, pendekatan ini juga memberikan manfaat dalam mengajarkan nilai-nilai keberlanjutan dan kreativitas dalam memanfaatkan sumber daya lokal. Implikasi dari penelitian ini adalah memperkuat pentingnya pemanfaatan bahan bekas dalam konteks pendidikan, serta memberikan inspirasi bagi institusi pendidikan lain untuk mengadopsi pendekatan serupa dalam mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan berkelanjutan.

References

Pagarra, Hamzah, Ahmad Syawaluddin, Wawan Krismanto, and Sayidiman. 2022. Media Pembelajaran. Badan Penerbit UNM.

Rahayu Handayani, Hermayawati. 2018. PEMANFAATAN KARDUS BEKAS SEBAGAI MEDIA UNTUK MENGAJAR KETERAMPILAN BERBICARA DALAM BAHASA INGGRIS. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional “Strategi dan Implementasi Pendidikan Karakter pada Era Revolusi Industri 4.0” Universitas Mercu Buana: Yogyakarta.

Siarni,dkk. 2019. Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pmebelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SDN 07 Salule Mamuju Utara.Jurnal Kreatif Tadulako Online.Vol 3.No 2.

Urwatun Nazihah. 2021. PEMANFAATAN BARANG BEKAS SEBAGAI BAHAN AJAR (APE) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PENGELOMPOKAN HEWAN BERDASARKAN MAKANAN. Universitas Muhammadiyah: Sidoarjo.

.

Downloads

Published

2023-11-01

How to Cite

Sutianti, S. M., Tsaniya, P. A. ., Nurkarlina, N. M. ., Azzam, A. A., & Roofiqoh, S. R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Bahan Bekas di SDN Bungur Endah . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(5). Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3113