Pengenalan Teknologi Augmented Reality Dalam Metode Pembelajaran di TPA Baitul Hakim Desa Mekarmukti
Keywords:
KKN, Augmented Reality, Tata SuryaAbstract
Kuliah kerja nyata merupakan salah satu bentuk pengabdian yang dilakukan oleh sekelompok mahasiswa dengan mengamalkan ilmu yang didapat selama menuntut ilmu di perguruan tinggi kepada masyarakat. Pada kegiatan KKN yang telah dilakukan di Desa Mekarmukti. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu media pembelajaran yang informatif dan interaktif dengan adanya objek 3D yang ditampilkan secara virtual menggunakan teknologi AR untuk membantu pengenalan media pembelajaran kepada anak-anak sebagai media pembelajaran yang lebih informatif dan interaktif. Dan hasil yang didapatkan di lapangan, anak-anak jauh lebih paham karena AR memberikan visual lebih nyata sehingga membantu anak-anak lebih mengenal secara fisik atau visual mengenai Tata Surya.
References
Sulistyaningrum, D., & Al Hakim, R. R. (2020). Pendampingan Pembelajaran Siswa Melalui Teknologi Informasi Selama Pandemi Covid-19: Studi Kasus KKN Tematik Covid-19. ANDASIH Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02).
Wardani, S. (2015). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality (AR) Untuk Pengenalan Aksara Jawa Pada Anak. Jurnal Teknologi, 8(2), 104-111.
Wenthe, D. C. M., Pranatawijaya, V. H., & Putra, P. B. A. A. (2021). Aplikasi pengenalan objek untuk anak usia dini menggunakan teknologi augmented reality. Universitas Palangka Raya.
Fransiska, E. D., & Akhriza, T. M. (2017, September). Implementasi teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran informatif dan interaktif untuk pengenalan hewan. In Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) (Vol. 1, pp. 636-645).
Marisa, Helly. 2023. “Penggunaan Augmented Reality ( AR ) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam : Studi Kasus Pada Tingkat Sekolah Menengah” 3 (2): 3–6.
Mukti, Fajar Dwi. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) Di Kelas V MI Wahid Hasyim.” ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal 7 (2): 299. https://doi.org/10.21043/elementary.v7i2.6351.
Salsabila, Unik Hanifah, Prima Laillatul Ramadhan, Naufal Hidayatullah, and Syifa Nur Anggraini. 2022. “Manfaat Teknologi Dalam Pendididkan Agama Islam.” TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam 5 (1): 1–17. https://doi.org/10.52166/talim.v5i1.2775.
Dwi Iryanta Prihartana. 2022. “Peran Teknologi Dalam Pendidikan Islam.” Pendidikan Islam 6 (1): 38–53.
Ananda, Takhta Akrama, Novi Safriadi, and Anggi Srimurdianti Sukamto. 2015. “Penerapan Augmented Reality Sebagai Planet-Planet Di Tata Surya.” Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi 1 (1): 1–6.
Ismail, Taufiq, Lalu Iskandar Muda, and Ahmad Dahlan Ringroad Selatan. 2021. “Aplikasi Mobile Augmented Reality Pada Proses Terjadinya Gerhana Matahari.” Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI 5 (2): 575–88.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nabila Nur Athiyah, Nada Lutfiyah, Aulia Fitriani Rohma, Hamdan Sugilar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.