KOMITMEN KEBANGSAAN – MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KEBANGSAAN TERHADAP MURID MI DAN PAUD DI DESA BONGAS PAMANUKAN SUBANG

Penulis

  • Muhammad Andara Ryandijaya UIN SUNAN GUNUNG DJATI
  • Devi Ayu Febriani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Luthfiah Rizqi Ramadhani Hasibuan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Arip Budiman UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

KKN, Komitmen kebangsaan, Moderasi Beragama, Nilai pendidikan

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk menjelajahi konsep komitmen kebangsaan dalam pendidikan MI dan PAUD, mengapa hal ini sangat penting, dan bagaimana implementasinya dapat dilakukan secara efektif. Moderasi beragama sebagai cara pandang, sikap dan perilaku umat beragama yang seimbang menjadi cerminan dalam mewujudkan komitmen hidup berbangsa dan bernegara. Fokus masalah dalam artikel ini adalah bagaimana komitmen kebangsaan ditanamkan kepada siswa siswi maupun pelajar yang ada di Desa Bongas, sebagai upaya untuk menanamkan pendidikan kebangsaan. Adapun dalam artikel ini, metode pengabdian KKN yang digunakan adalah metode Sistem Pemberdayaan Masyarakat (SISDAMAS) dengan empat tahapan siklus. Kesimpulan dari artikel ini adalah menanamkan nilai-nilai pendidikan kebangsaan kepada murid MI dan PAUD adalah investasi penting untuk masa depan bangsa. Ini bukan hanya tentang mengajarkan pengetahuan, tetapi juga membentuk karakter dan sikap yang akan membawa manfaat bagi anak-anak dan masyarakat secara keseluruhan. Penanaman nilai-nilai pendidikan kebangsaan untuk mewujudkan komitmen kebangsaan di MI Al-Markaz dan PAUD Al-Istiqomah di Desa Bongas sejauh ini sudah dipraktekkan oleh Lembaga Pendidikan yang bersangkutan, namun masih belum diterapkan secara maksimal.

Referensi

Arif, D. B. (2016). Menguatkan Pendidikan Kebangsaan yang Berkemajuan. Prosiding

Konferensi Nasional Kewarganegaraan. Laboratorium Pendidikan

Kewarganegaraan FIS UNY bekerjasama dengan AP3KnI Wilayah DI

Yogyakarta, Yogyakarta, 197-208.

Habibie, M. L. H., Al Kautsar, M. S., Wachidah, N. R., & Sugeng, A. (2021). Moderasi

Beragama Dalam Pendidikan Islam Di Indonesia. MODERATIO: Jurnal

Moderasi Beragama, 1(1), 121-141.

Hasan, S. H. (2012). Pendidikan sejarah untuk memperkuat pendidikan karakter.

Paramita: Historical Studies Journal, 22(1).

Keban, Y. B., & Leton, S. S. (2023). Pendidikan Moderasi Beragama Dalam

Penguatan Wawasan Kebangsaan Pada Era Disrupsi Di SD Inpres Ekasapta

Larantuka. NALAR: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 1-8.

Rugani, J. (2016). Pendidikan Kebangsaan dalam Perspektif Pendidikan Islam.

Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 4(2).

Sadikin, A. (2019). Penanaman Nilai Nilai Kebangsaan pada Anak Usia Dini di TK

Aisyiyah Bustanul Athfal Sapen Yogyakarta. Jurnal Serambi Akademica, 7(1),

-8.

Saifuddin, Lukman Hakim. 2019. Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan

Diklat Kementerian Agama RI.

Totok, T. (2018). Aktualisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pendidikan

Kewarganegaraan Sebagai Peneguh Karakter Kebangsaan. Jurnal Pendidikan

Kewarganegaraan, 8(2), 171-186

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-15

Cara Mengutip

Ryandijaya, M. A., Febriani, D. A. ., Hasibuan, L. R. R. ., & Budiman, A. . (2023). KOMITMEN KEBANGSAAN – MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KEBANGSAAN TERHADAP MURID MI DAN PAUD DI DESA BONGAS PAMANUKAN SUBANG. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(6), 275–284. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2970