KOMITMEN KEBANGSAAN – MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KEBANGSAAN TERHADAP MURID MI DAN PAUD DI DESA BONGAS PAMANUKAN SUBANG
Keywords:
KKN, Komitmen kebangsaan, Moderasi Beragama, Nilai pendidikanAbstract
Artikel ini bertujuan untuk menjelajahi konsep komitmen kebangsaan dalam pendidikan MI dan PAUD, mengapa hal ini sangat penting, dan bagaimana implementasinya dapat dilakukan secara efektif. Moderasi beragama sebagai cara pandang, sikap dan perilaku umat beragama yang seimbang menjadi cerminan dalam mewujudkan komitmen hidup berbangsa dan bernegara. Fokus masalah dalam artikel ini adalah bagaimana komitmen kebangsaan ditanamkan kepada siswa siswi maupun pelajar yang ada di Desa Bongas, sebagai upaya untuk menanamkan pendidikan kebangsaan. Adapun dalam artikel ini, metode pengabdian KKN yang digunakan adalah metode Sistem Pemberdayaan Masyarakat (SISDAMAS) dengan empat tahapan siklus. Kesimpulan dari artikel ini adalah menanamkan nilai-nilai pendidikan kebangsaan kepada murid MI dan PAUD adalah investasi penting untuk masa depan bangsa. Ini bukan hanya tentang mengajarkan pengetahuan, tetapi juga membentuk karakter dan sikap yang akan membawa manfaat bagi anak-anak dan masyarakat secara keseluruhan. Penanaman nilai-nilai pendidikan kebangsaan untuk mewujudkan komitmen kebangsaan di MI Al-Markaz dan PAUD Al-Istiqomah di Desa Bongas sejauh ini sudah dipraktekkan oleh Lembaga Pendidikan yang bersangkutan, namun masih belum diterapkan secara maksimal.
References
Arif, D. B. (2016). Menguatkan Pendidikan Kebangsaan yang Berkemajuan. Prosiding
Konferensi Nasional Kewarganegaraan. Laboratorium Pendidikan
Kewarganegaraan FIS UNY bekerjasama dengan AP3KnI Wilayah DI
Yogyakarta, Yogyakarta, 197-208.
Habibie, M. L. H., Al Kautsar, M. S., Wachidah, N. R., & Sugeng, A. (2021). Moderasi
Beragama Dalam Pendidikan Islam Di Indonesia. MODERATIO: Jurnal
Moderasi Beragama, 1(1), 121-141.
Hasan, S. H. (2012). Pendidikan sejarah untuk memperkuat pendidikan karakter.
Paramita: Historical Studies Journal, 22(1).
Keban, Y. B., & Leton, S. S. (2023). Pendidikan Moderasi Beragama Dalam
Penguatan Wawasan Kebangsaan Pada Era Disrupsi Di SD Inpres Ekasapta
Larantuka. NALAR: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 1-8.
Rugani, J. (2016). Pendidikan Kebangsaan dalam Perspektif Pendidikan Islam.
Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 4(2).
Sadikin, A. (2019). Penanaman Nilai Nilai Kebangsaan pada Anak Usia Dini di TK
Aisyiyah Bustanul Athfal Sapen Yogyakarta. Jurnal Serambi Akademica, 7(1),
-8.
Saifuddin, Lukman Hakim. 2019. Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan
Diklat Kementerian Agama RI.
Totok, T. (2018). Aktualisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pendidikan
Kewarganegaraan Sebagai Peneguh Karakter Kebangsaan. Jurnal Pendidikan
Kewarganegaraan, 8(2), 171-186
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Andara Ryandijaya, Devi Ayu Febriani, Luthfiah Rizqi Ramadhani Hasibuan, Arip Budiman, M.Ag
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.