Pengaplikasian Pengajaran Ngaji Model KWL (Know, Want to Know, Learn) di Masjid Jami Baiturrachman

Authors

  • Salsa Jauza Zahra UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rifa Rasyidahana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Gavista Adira Alqudsi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fikri Abdul Muiz UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Desa Ciluncat, mengajar, Anak-anak, KWL

Abstract

Masjid Jami Baiturrachman yang berada di kawasan RW 10 Desa ciluncat masih tebilang cukup baru keberadaannya. Oleh karena itu kegiatan keagamaan pun masih belum berjalan dengan lancar. Pada mulanya hanya mengadakan kegiatan pengajian untuk para orang tua baik Perempuan atau laki-laki. Pihak DKM mencoba untuk mengadakan pengajian rutin untuk anak-anak yang tinggal di sekitar lingkungan RW 10 Desa Ciluncat, namun hal ini tidak berlangsung lama. Tujuan kami dalam penelitian ini adalah untuk memfasilitasi kegiatan mengajar berbasis keagamaan dengan model pembelajaran KWL (Know, Want to Know, Learn) pada anak-anak di kawasan RW 10. Hal ini ditujukan sebagai langkah yang adaptif dalam rangka membangun kembali kesadaran urgensi pengajaran basis agama di lingkungan RW 10 Desa Ciluncat. Metode yang digunakan ialah metode pengabdian sistem pemberdayaan Masyarakat berbasis moderasi beragama. Hasil yang didapat ialah metode KWL ini mampu memberikan dampak yang baik bagi anak-anak di RW 10 dalam meningkatkan pengetahuan keagamaan.

References

Afandi, Agus. Metodologi Pengabdian Masyarakat. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, 2022.

Akhadah, N. “). Keefektifan LKPD Berorientasi Strategi Know-Want-Learned (KWL) Pada Materi Fotosintesis Untuk Melatihkan Keterampilan Metakognitif.” BioEdu 8 (2019): 3.

Dan, Tantangan, Peluang Pelaksanaan, Fakultas Syariah, U I N Sunan, Gunung Djati, Fakultas Dakwah, U I N Sunan, et al. “7*) 1),” 1980.

Fridayanti, D. “Model KKN Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati Bandung: Tantangan Dan Peluang Pelaksanaan.” Alkhidmat: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2019.

Komaladewi, A.T. “Model Know, Want to Know, Learned (KWL) Dalam Pembelajaran Membaca Cerita PendekSiswa SMP Kelas IX.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 1 (2020): 107.

Latief, J.A. Manusia, Filsafat, Dan Sejarah. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Panduan Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN SISDAMAS). Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2018.

Rahim, Farida. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Santoso, Budi Agung, and I Gusti Putu. “Engaruh Metode Pemelajaran KWL (Know, Want to Know, and Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 2 Surabaya.” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 04 (2015).

Suhana, Cucu. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama, 2014.

Suryani, Nunuk. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak, 2012.

Widja, I.G. Menuju Wajah Baru Pendidikan Sejarah. Yogyakarta: Lappera Pustaka Utama, 2002.

Zamroni, Amin. “Strategi Pendidikan Akhlak Pada Anak.” Sawwa: Jurnal Studi Gender 12, no. 2 (2017): 241. https://doi.org/10.21580/sa.v12i2.1544.

Downloads

Published

2023-11-15

How to Cite

Salsa Jauza Zahra, Rasyidahana, R., Alqudsi, G. A., & Muiz, F. A. (2023). Pengaplikasian Pengajaran Ngaji Model KWL (Know, Want to Know, Learn) di Masjid Jami Baiturrachman. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(6), 244–256. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2915