Penggunaan Bekong (Daun Pisang) sebagai Alternatif Polybag untuk Menanam Bibit Seledri

Authors

  • Meilani Shofarindah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nabila UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Siti Mutiara Saniah N UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Gina Khairunisa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Lutfi Ahmad UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • AS Haris Sumadiria UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Bekong, Polybag, Bibit Seledri

Abstract

Penggunaan bekong menjadi salah satu alternatif dan ide kreatif dari petani sayur sebagai wadah bibit tanaman. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya pemanfaatan penggunaan bekong menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk meminimalisir penggunaan  limbah plastik serta mengurangi pencemaran lingkungan. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat maupun mahasiswa terhadap dampak penggunaan bekong sebagai wadah untuk menanam bibit seledri dan alternatif dari penggunaan polybag, serta memberdayakan potensi masyarakat yang ada. Jenis metode yang dilakukan yaitu metode observasi partisipatif dalam bentuk pertemuan langsung dengan warga yang melakukan kegiatan  pembuatan bekong, mengamati ketika proses pengerjaan, mendengarkan apa yang diucapkan oleh mereka, dan ikut berpartisipasi dalam pembuatan ataupun penggunaan bekong tersebut. Berdasarkan hasil observasi, kedepannya terjadi pembuklikasian tentang pembuatan bekong sehingga banyak dikenal oleh masyarakat luas serta menambah keterampilan dalam pemanfaatan daun pisang yang dijadikan bekong untuk penanaman bibit seledri.

References

Bagus Ahmad. 2022. “Sampah Yang Tak Tertangani Di Kabupaten Bandung Mencapai 968 Ton Per Hari.” ANTARA Kantor Berita Indonesia. January 25, 2022. https://www.antaranews.com/berita/2664521/sampah-yang-tak-tertangani-di-kabupaten-bandung-capai-968-ton-per-hari.

Humas Pemkab Diskominfo. 2023. “Bupati Bandung Terus Berinovasi Dalam Penanganan Sampah Yang Ada Di Kabupaten Bandung.” Pemerintah Kabupaten Bandung. June 2, 2023. https://bandungkab.go.id/arsip/bupati-bandung-terus-berinovasi-dalam-penanganan-sampah-yanga-da-di-kabupaten-bandung.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. https://elibrary.unikom.ac.id/229/9/UNIKOM_SYIFA%20QORI%20NURAENI_BAB%20III.pdf.

Downloads

Published

2023-11-01

How to Cite

Meilani Shofarindah, Nabila, Saniah N, S. M., Khairunisa, G., Ahmad, L., & Sumadiria, A. H. (2023). Penggunaan Bekong (Daun Pisang) sebagai Alternatif Polybag untuk Menanam Bibit Seledri . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(5). Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2902