PSIKOEDUKASI MENGENAI PENTINGNYA POLA ASUH ORANGTUA BAGI ANAK USIA DINI TK AL AMALIYAH

Penulis

  • Fitriani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Alfazri Qomara UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Deslie Salza Dwikurnia UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Pola Asuh, anak, Edukasi, Moral, Nilai Karakter

Abstrak

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Pola asuh orangtua memiliki dampak yang sangat penting dalam perkembangan dan pembentukan karakter anak-anak. Pendidikan anak usia dini merupakan bentuk pendidikan yang fundamental dalam kehidupan seorang anak dan pendidikan pada masa ini sangat menentukan keberlangsungan anak itu sendiri juga bagi suatu bangsa. Dalam mensosialisasikan nilai-nilai   karakter diperlukan guru, pejuang moral yang tidak pernah gentar, putus asa atau frustasi meskipun rintangan, halangan, lingkungan tidak kondusif, dan harus berhadapan dengan keadaan distruktif. Dengan tidak jemujemunya meneriakan sosialisasi pendidikan   karakter (akhlak mulia) untuk mewujudkan nilai karakter yang baik secara universal yang menghargai orang lain. Selain orangtua, peran guru di sekolah menjadi penting dalam pembentukan moral anak.

Referensi

Utami, A. C. N., & Raharjo, S. T. (2021). Pola asuh orang tua dan kenakalan remaja.

Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 4(1), 1-15.

Anisah, A. S. (2017). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan

karakter anak. Jurnal Pendidikan UNIGA, 5(1), 70-84.

Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola asuh orang tua terhadap

perkembangan emosional anak usia dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157-

Baiti, N. (2020). Pengaruh pendidikan, pekerjaan dan pola asuh orang tua terhadap

kemandirian anak. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 6(1), 44-57.

Tatminingsih, S., & Cintasih, I. (2016). Hakikat anak usia dini. Dasar-Dasar

Pendidikan Anak Usia Dini, 131

Atabik, A. (2015). Prinsip dan Metode Pendidikan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal

Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(2), 264-280.

Makagingge, M., Karmila, M., & Chandra, A. (2019). Pengaruh pola asuh orang tua

terhadap perilaku sosial anak (studi kasus pada anak usia 3-4 tahun di KBI

al madina sampangan tahun ajaran 2017-2018). Yaa Bunayya: Jurnal

Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 115-122

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-15

Cara Mengutip

Fitriani, Alfazri Qomara, & Deslie Salza Dwikurnia. (2023). PSIKOEDUKASI MENGENAI PENTINGNYA POLA ASUH ORANGTUA BAGI ANAK USIA DINI TK AL AMALIYAH. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(6), 399–411. Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2814