16 Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM di Desa Tenjolaya Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung
Keywords:
UMKM, Digital Marketing, KKN Sisdamas, Tenjolaya PasirjambuAbstract
Kemajuan teknologi era globalisasi sekarang ini memudahkan manusia untuk melakukan banyak hal, salah satunya adalah Digital Marketing yaitu pemasaran digital. permasalahan yang terjadi di Desa Tenjolaya adalah pemasaran produk UMKM yang hanya sebatas di desa tersebut. menyikapi hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Tenjolaya, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung. Supaya produknya tidak hanya di jual di desa tersebut saja, tetapi dijual keluar desa atau daerah lain. Metode yang digunakan diambil dari siklus-siklus KKN Sisdamas yang sudah dijalankan. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi terhadap masyarakat selaku pelaku UMKM. hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui bantuan peserta KKN berupa sosialisasi, pelatihan dan pembimbingan penggunaan smartphone, masyarakat dibantu dengan cara dibuatkan Marketplace dan dibantu mengoperasikan Marketplace nya agar dapat menjual produknya disana.
References
Fridayanti., Sururie, W.W., Aziz, R., Uriawan, W., Zulqiah., & Mardiansyah, Y. 2019. Model
KKN Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati Bandung: Tantangan dan Peluang Pelaksanaan. Alkhidmat: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, Vol2(1), 23- 27.
Kotler, P. & Armstrong, G. 1997. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga
Pramuditya, D. 2014. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Tingkat
Pemerintahan Desa. Jurnal Penelitian Komunikasi, Vol17(2), 129-140.
https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/EBISMEN/article/download/37/42/120
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Risna Destiana Sari, hera, Nasya, Rama, Ikhwan Aulia Fatahillah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.