Kulturasi Masyarakat Desa Tanjungpakis dalam Pembentukan Ekonomi Kreatif
Keywords:
Kulturasi Masyarakat, Ekonomi Kreatif, TeknologiAbstract
Kulturasi masyarakat terhadap pengaruh pembentukan ekonomi kreatif di Desa Tanjungpakis kecamatan Pakisjaya Kabupaten Karawang. Kebudayaan yang mengakar ditambah dengan letak geografis desa Tanjungpakis menjadikan masyarakat tertinggal pada perkembangan zaman dan informasi seputar kecanggihan teknologi, hal ini menyebabkan kultur menjadi satu-satunya cara yang dipercayai masyarakat untuk mengembangkan potensi sumber daya alam, dengan sedikit sekali usaha untuk mengembangkan kreatifitas perekonomian. Tujuan KKN desa Tanjungpakis adalah memberikan pemahaman terkait pentingnya pola ekonomi kreatif di masa pandemic Covid 19, yang dimana mobilitas menjadi terbatas. Metode yang digunakan yaitu sosialsasi tentang ekonomi kreatif, dan juga praktek pemasaran digital. Hasil dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini adalah Kerajinan kerang yang lebih terbuka dengan perkembangan teknologi.
References
Rismayadi, B. (2018). Pengembangan Ekonomi Kreatif Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Desa Tanjungpakis Kecamatan Pakisjaya Kabupaten Karawang.Buana Ilmu, 2 (2).
Departmen Perdagangan RI, (2008). Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025. Studi Industri Kreatif Indonesia, Jakarta
Trisnani (2016). Poka komunikasi masyarakat nelayan di era teknologi informasi kabupaten situbondo. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol. 20 No.2, Desember 2016:141-154
Harahap, A. R. (2010). Tingkat pemahaman maasyarakat terhadap aplikasi computer dan internet. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Pembangunan, 11(1), 127-158
Romer, Paul. 1993. "Looting: The Economic Underworld of Bankruptcy for Profit" with George Akerlof (Brookings Papers on Economic Activity 2, William C. Brainard and George L. Perry (eds.), 1993, pp. 1–74).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Farhan Fahrurozi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.