Upaya Peningkatan Motivasi Semangat Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19
Keywords:
Motivasi, Belajar, Covid-19Abstract
Pandemi covid 19 yang belum kunjung berakhir membuat sistem pendidikan di Indonesia menjadi berubah dari sistem pembelajaran tatap muka menjadi metode pembelajaran jarak jauh/daring. Dengan menerapkan sistem tersebut banyak siswa dan para orangtua yang belum terbiasa dan merasa kesulitan dalam memahami sistem daring ini sehingga terkadang membuat siswa khususnya menjadi tidak memiliki rasa semangat untuk belajar. Kegiatan KKN DR Sisdamas yang kami laksanakan dengan salah satu program seminar motivasi belajar ini bertujuan agar para siswa tetap semangat dalam belajar dengan terus mengedepankan pengembangan belajar demi menggapai cita cita mereka. Metode pengabdian yang kami lakukan yaitu mengadakan program seminar dengan cara menjelaskan hal-hal yang terkait motivasi belajar siswa. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini yaitu tumbuhnya kesadaran siswa dalam meningkatkan semangat belajar mereka serta dibuktikan dengan peminat untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi yang awalnya 50% menjadi 65%. Meskipun perubahan tersebut belum mencapai maksimal tetapi dengan adanya kegiatan seminar tersebut menunjukan bahwa adanya perubahan yang signifikan dari sebelumnya.
References
Astuti Alam Sur, W. 2020. Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa Dengan Sistem Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Equation. Vol 3 No. 2, 158-160
Suparno. 2000. Langkah-langkah Penulisan Artikel Ilmiah dalamSaukah, Ali dan Waseso, M.G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah, 40-74, Malang: UM Press.
UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.
Wahab, Abdul dan Lestari, Lies Amin. 1999. Menulis Karya Ilmiah. Surabaya: Airlangga University Press.
A.M, Sardiman,Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : C.V. Rajawali, 1990.
Amna Emda, 2017, Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran, Lantanida Journal, Vol 5 No. 2 93-196.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Aliatussaadah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.