Efektivitas Dan Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Anak Sekolah Dasar Rw 9 Desa Tegalluar Bojongsong

Authors

  • Jelita Nirmala Ilmu Al-Quran dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mohamad Ichsana Nur Universtas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Efektivitas, Dampak, Daring

Abstract

Salah satu dampak dari pandemi covid-19 adalah terhadap bidang pendidikan. Pembelajaran secara daring menjadi solusi di tengah pandemi ini untuk memutus mata rantai penyebaran virus. Namun tidak semudah yang dibayangkan, belajar secara daring ini memberikan dampak yang cukup besar, tidak hanya bagi guru yang menyampaikan materi, juga bagi siswa bahkan orang tua. Tujuan dari penelitian yang berbasis pengabdian ini yaitu untuk mendapatkan informasi mengenai dampak pembelajaran daring bagi siswa SD di Sapan Tegalluar Rw 9. Apakah dapat dilakukan secara efektif? Kegiatan ini berhasil menghasilkan temuan, yakni kegiatan belajar daring bagi siswa SD tidak begitu efektif karena tidak memenuhi standar pembelajaran ideal menurut Laurillard, di mana pembelajaran yang ideal harus memenuhi empat komponen esensial, yakni diskursif, adaptif, interaktif dan reflektif. Apabila berbicara dampak, otomatis ada dampak positif dan dampak negatif. Dampak negatif dari pembelajaran daring dalam hal ini bagi siswa SD di Sapan Tegalluar Rw 9 yaitu: (1) Materi pelajaran sekolah tidak terkuasai; (2) Kecanduan gawai; dan (3) Tidak disiplin. Di samping itu, pembelajaran daring juga memberikan dampak positif, antara lain: (1) Siswa bebas berekspresi; dan (2) Orang tua lebih dekat dengan anak.

References

Aldya R F, Oktavian R. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu pengetahuan, Vol. 20 (2).

Fatma W A. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 2 (1).

Nakayama M, Yamamoto H. (2007). The Impact of Learner Characterics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Elektronic Journal E-Learning, Vol 5 (3).

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Nirmala, J. ., & Nur , M. I. . (2023). Efektivitas Dan Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Anak Sekolah Dasar Rw 9 Desa Tegalluar Bojongsong. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(5), 22–28. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1356

Issue

Section

Articles