Pengembangan Pendidikan Karakter pada Jenjang Sekolah Dasar Melalui Program Pendampingan Belajar di Masa Pandemi

Authors

  • Andi Hasri Rahayu Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Eva Nurlatifah Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pendidikan Karakter, Sekolah Dasar, Pendampingan Belajar

Abstract

Fenomena pendidikan yang ada di  masyarakat Desa Palla’e terdapat beberapa kendala yang dihadapi siswa dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh, utamanya mereka yang masih duduk di bangku sekolah dasar (6-12 tahun). Pembelajaran jarak jauh menuntut siswa untuk menggunakan teknologi. Dalam proses pembelajaran daring pada jenjang pendidikan dasar, antara lain sebagian besar siswa dan orang tua mengalami gagap teknologi, sulitnya memahami materi selama pembejalaran daring, serta jarangnya orang tua mendampingi anak-anaknya dalam mengikuti pelajaran dikarenakan sibuk bekerja. Hal lain yang krusial adalah terabaikannya pendidikan karakter selama pembelajaran daring berlangsung. Penanaman pendidikan karakter harus tetap direalisasikan, mengingat bahwa pendidikan karakter adalah fondasi utama dan ruh pendidikan.   Oleh karena itu, dibentuklah program kerja pendampingan belajar guna membantu permasalahan yang tengah dihadapi masyarakat yang telah disebutkan sebelumnya. Pendampingan belajar diperuntukkan dalam bidang akademik dan non-akademik, dan dilakukan dengan permainan yang sederhana dan edukatif, serta berlandaskan pada pendidikan karakter Ki Hajar Dewantara yang mencakup dimensi etik, lietrasi, kinestik dan estetik. Hasil dari pendampingan belajar guna mengembangkan pendidikan karakter dapat diukur dari adanya perubahan sikap dan perilaku anak-anak mejadi lebih positif

References

Aji, Takhroji. 2020. bdkjakarta. kemenag. Juli Selasa. https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/pendidikan-karakter-di-masa-pandemi-menjadi-tanggung-jawab-siapa.

Khoironi, M. 2017. "Pendidikan Karakter Anak Usia Dini." Journal Golden Age Universitas Hamzanwadi 16-21.

Kosim, M. 2011. "Urgensi Pendidikan Karakter." Karsa 85-92.

M, Fadillah. 2016. "Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajarana Kreatif di era Masyarakat Ekonomi ASEAN." Prosiding Seminar Nasional dan Call for Paper ke-2. 1-7.

Muchlas Samani, Haryanto. 2021. Konsep dan Model Pendidikan Karakter . Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purbowati, Deni. 2021. Aku Pintar. https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/pendidikan-karakter-pengertian-nilai-dan-implementasinya.

Santoso, Suyahmo, Maman Rachman, Cahyo Budi Utomo. 2020. "Urgensi Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi Covid-19." SEMINAR NASIONAL PASCASARJANA 2020. Semarang: Universitas Negeri Semarang. 559-563.

Suhartono, Suparlan. 2008. WAWASAN PENDIDIKAN Sebuah Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wirawan. 2011. Evaluasi Model Standar Aplikasi dan Profesi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Rahayu, A. H. ., & Nurlatifah , E. . (2022). Pengembangan Pendidikan Karakter pada Jenjang Sekolah Dasar Melalui Program Pendampingan Belajar di Masa Pandemi . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(83), 13–23. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1239

Issue

Section

Articles