Efektifitas Jilot Untuk Mengurangi Tingkat Buta Huruf Hijaiyah Pada Lansia Dengan Menggunakan Metode Iqra Di Rw 04 Desa Cijagra, Paseh

Penulis

  • NANDA SYAIRA KAELAN NAJIB UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Aditya nuh Saputra UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nur Suci Pujianti UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Buta Huruf Hijaiyah, Jilot, KKN Sisdamas, Lansia, Metode Iqra

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas program Jilot (Bimbingan
Membaca Al-Qur’an secara bertahap) dalam mengurangi tingkat buta huruf
Hijaiyah pada lansia di RW 04 Desa Cijagra, Paseh. Metode yang digunakan
adalah metode Iqra yang telah dikenal efektif dalam mengajarkan huruf
Hijaiyah dengan sistematis dan mudah dipahami. Penelitian dilakukan
dengan pendekatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) melalui program pengabdian
masyarakat berbasis riset (Sisdamas). Hasil menunjukkan bahwa program
Jilot dengan metode Iqra secara signifikan mengurangi buta huruf Hijaiyah
pada lansia, ditandai dengan peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an
setelah pelatihan selama 1 bulan.

Referensi

Asyhari, A. (2019). Efektivitas Metode Iqra dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 45-56.

Nasution, F. (2020). Pendekatan Pendidikan Al-Quran bagi Lansia di Desa Pedesaan. Jurnal Pendidikan Masyarakat, 89-102.

Setiawan, R. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Iqra Terhadap kemampuan membaca Al-Quran. Jurnal Studi Islam, 101-110.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-10

Cara Mengutip

NAJIB, N. S. K. ., Saputra, A. nuh ., & Pujianti, N. S. (2024). Efektifitas Jilot Untuk Mengurangi Tingkat Buta Huruf Hijaiyah Pada Lansia Dengan Menggunakan Metode Iqra Di Rw 04 Desa Cijagra, Paseh. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(3), 1–7. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5704

Terbitan

Bagian

Articles