Efektifitas Jilot Untuk Mengurangi Tingkat Buta Huruf Hijaiyah Pada Lansia Dengan Menggunakan Metode Iqra Di Rw 04 Desa Cijagra, Paseh

Authors

  • NANDA SYAIRA KAELAN NAJIB UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Aditya nuh Saputra UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nur Suci Pujianti UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Buta Huruf Hijaiyah, Jilot, KKN Sisdamas, Lansia, Metode Iqra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas program Jilot (Bimbingan
Membaca Al-Qur’an secara bertahap) dalam mengurangi tingkat buta huruf
Hijaiyah pada lansia di RW 04 Desa Cijagra, Paseh. Metode yang digunakan
adalah metode Iqra yang telah dikenal efektif dalam mengajarkan huruf
Hijaiyah dengan sistematis dan mudah dipahami. Penelitian dilakukan
dengan pendekatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) melalui program pengabdian
masyarakat berbasis riset (Sisdamas). Hasil menunjukkan bahwa program
Jilot dengan metode Iqra secara signifikan mengurangi buta huruf Hijaiyah
pada lansia, ditandai dengan peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an
setelah pelatihan selama 1 bulan.

References

Asyhari, A. (2019). Efektivitas Metode Iqra dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 45-56.

Nasution, F. (2020). Pendekatan Pendidikan Al-Quran bagi Lansia di Desa Pedesaan. Jurnal Pendidikan Masyarakat, 89-102.

Setiawan, R. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Iqra Terhadap kemampuan membaca Al-Quran. Jurnal Studi Islam, 101-110.

Downloads

Published

2024-12-10

How to Cite

NAJIB, N. S. K. ., Saputra, A. nuh ., & Pujianti, N. S. (2024). Efektifitas Jilot Untuk Mengurangi Tingkat Buta Huruf Hijaiyah Pada Lansia Dengan Menggunakan Metode Iqra Di Rw 04 Desa Cijagra, Paseh. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(3), 1–7. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5704

Issue

Section

Articles