Digitalisasi UMKM Menggunakan Google Bisnisku Untuk Meningkatkan Kualitas Pemasaran Produk di Kampung Kedokan
Kata Kunci:
Digitalisasi, UMKM, Google BisniskuAbstrak
UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia memiliki peranan yang penting
dalam ekonomi lokal, akan tetapi banyak yang belum memiliki kemampuan dalam
memanfaatkan teknologi secara optimal. Tantangan digitalisasi semakin mendesak, terutama
dengan dampak pandemi Covid-19. Di Desa Babakan, Kampung Kedokan RW 04 dan RW 19,
terdapat beberapa UMKM seperti, Masakan Bu Rosita, Toko Ferri Gorden, dan 3N Pakan
Ternak yang menghadapi masalah serupa. Pengabdian ini bertujuan membantu UMKM
setempat dengan mendigitalisasikan lokasi usaha mereka melalui Google Bisnisku. Metode
yang digunakan meliputi survei dan wawancara untuk memahami permasalahan. Setelah itu,
pemilik UMKM diberi pelatihan mengelola profil bisnis di platform tersebut, dan dilanjutkan
dengan promosi melalui media sosial seperti WhatsApp. Digitalisasi ini mempermudah
konsumen menemukan lokasi usaha dan diharapkan meningkatkan penjualan. Penelitian
selanjutnya dapat mengeksplorasi pendekatan yang lebih adaptif dan personal untuk
meningkatkan adopsi teknologi di kalangan UMKM, guna memastikan mereka dapat bersaing secara efektif di pasar digital.
Referensi
Adlini, M. N. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Jurnal Edumaspul, 6(1), 974-
Gunawan, W. &.-1. (2021). Pemetaan sosial untuk perencanaan pembangunan masyarakat.
Sawala: Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial Desa dan Masyarakat,
(2), 94-105.
Hasan, M. D. (2021). Transformasi digital umkm sektor kuliner di kelurahan jatinegara, jakarta
timur. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 135-150.
Kamil, I. A. (2022). Pendampingan UMKM melalui Pemanfaatan Digital Marketing pada
Platform E-Commerce. . Amalee: Indonesian Journal of Community Research and
Engagement, 517-526.
Kusuma, V. Z. (2022). Strategi Digital Marketing pada Usaha Mikro dan Menengah (UMKM)
di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pendekatan Pemberdayaan Ekonomi Rakyat.
Jurnal Cafetaria, 24-32.
Rahman, A. H. (2021). Pengantar Ilmu Ekonomi.
Setiawan, T. S. (2021). Edukasi Literasi Digital: Pendampingan Transformasi Digital Pelaku
UMKM Sukabumi Pakidulan. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1599-
Suliswanto, M. S. (2021). Digitalization of micro, small & medium enterprises (MSMEs) in
East Java, Indonesia. Muhammadiyah International Journal of Economics and
Business, 34-43.
Yuliawati, J. d. (2023). Pendampingan Pelatihan Digitalisasi Google Bisnisku untuk
Meningkatkan Sumber Daya Manusia pada UMKM Di Desa Pusaka Jaya Utara
Kecamatan Cilebar. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian dan Pengabdian
Universitas Buana Perjuangan Karawang, 3(1), 1232-1247.
Yuniarti, T. F. (2022). Digitalisasi pemasaran dalam upaya peningkatan penjualan produk
usaha mikro kecil menengah (UMKM) di wilayah Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka
Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Rifqi Syekhi Marsaputra, Putri Puspitasari, Fahri Adwitiya, Sajidin
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.