Digitalisasi UMKM Menggunakan Google Bisnisku Untuk Meningkatkan Kualitas Pemasaran Produk di Kampung Kedokan

Authors

  • Rifqi Syekhi Marsaputra UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Putri Puspitasari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fahri Adwitiya UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sajidin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Digitalisasi, UMKM, Google Bisnisku

Abstract

UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia memiliki peranan yang penting
dalam ekonomi lokal, akan tetapi banyak yang belum memiliki kemampuan dalam
memanfaatkan teknologi secara optimal. Tantangan digitalisasi semakin mendesak, terutama
dengan dampak pandemi Covid-19. Di Desa Babakan, Kampung Kedokan RW 04 dan RW 19,
terdapat beberapa UMKM seperti, Masakan Bu Rosita, Toko Ferri Gorden, dan 3N Pakan
Ternak yang menghadapi masalah serupa. Pengabdian ini bertujuan membantu UMKM
setempat dengan mendigitalisasikan lokasi usaha mereka melalui Google Bisnisku. Metode
yang digunakan meliputi survei dan wawancara untuk memahami permasalahan. Setelah itu,
pemilik UMKM diberi pelatihan mengelola profil bisnis di platform tersebut, dan dilanjutkan
dengan promosi melalui media sosial seperti WhatsApp. Digitalisasi ini mempermudah
konsumen menemukan lokasi usaha dan diharapkan meningkatkan penjualan. Penelitian
selanjutnya dapat mengeksplorasi pendekatan yang lebih adaptif dan personal untuk
meningkatkan adopsi teknologi di kalangan UMKM, guna memastikan mereka dapat bersaing secara efektif di pasar digital.

References

Adlini, M. N. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Jurnal Edumaspul, 6(1), 974-

Gunawan, W. &.-1. (2021). Pemetaan sosial untuk perencanaan pembangunan masyarakat.

Sawala: Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial Desa dan Masyarakat,

(2), 94-105.

Hasan, M. D. (2021). Transformasi digital umkm sektor kuliner di kelurahan jatinegara, jakarta

timur. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 135-150.

Kamil, I. A. (2022). Pendampingan UMKM melalui Pemanfaatan Digital Marketing pada

Platform E-Commerce. . Amalee: Indonesian Journal of Community Research and

Engagement, 517-526.

Kusuma, V. Z. (2022). Strategi Digital Marketing pada Usaha Mikro dan Menengah (UMKM)

di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pendekatan Pemberdayaan Ekonomi Rakyat.

Jurnal Cafetaria, 24-32.

Rahman, A. H. (2021). Pengantar Ilmu Ekonomi.

Setiawan, T. S. (2021). Edukasi Literasi Digital: Pendampingan Transformasi Digital Pelaku

UMKM Sukabumi Pakidulan. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1599-

Suliswanto, M. S. (2021). Digitalization of micro, small & medium enterprises (MSMEs) in

East Java, Indonesia. Muhammadiyah International Journal of Economics and

Business, 34-43.

Yuliawati, J. d. (2023). Pendampingan Pelatihan Digitalisasi Google Bisnisku untuk

Meningkatkan Sumber Daya Manusia pada UMKM Di Desa Pusaka Jaya Utara

Kecamatan Cilebar. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian dan Pengabdian

Universitas Buana Perjuangan Karawang, 3(1), 1232-1247.

Yuniarti, T. F. (2022). Digitalisasi pemasaran dalam upaya peningkatan penjualan produk

usaha mikro kecil menengah (UMKM) di wilayah Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka

Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat.

Downloads

Published

2024-12-08

How to Cite

Rifqi Syekhi Marsaputra, Puspitasari, P., Adwitiya, F., & Sajidin. (2024). Digitalisasi UMKM Menggunakan Google Bisnisku Untuk Meningkatkan Kualitas Pemasaran Produk di Kampung Kedokan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(4), 1–11. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5024

Issue

Section

Articles