Kulturasi Masyarakat Desa Tanjungpakis dalam Pembentukan Ekonomi Kreatif

Authors

  • Farhan Fahrurozi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Feby Milsandy UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Marno Sampurna UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhamad Iqbal UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rudi Mahesa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tika Karlina Rachmawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Kulturasi Masyarakat, Ekonomi Kreatif, Teknologi

Abstract

Kulturasi masyarakat terhadap pengaruh pembentukan ekonomi kreatif di Desa Tanjungpakis kecamatan Pakisjaya Kabupaten Karawang. Kebudayaan yang mengakar ditambah dengan letak geografis desa Tanjungpakis menjadikan masyarakat tertinggal pada perkembangan zaman dan informasi seputar kecanggihan teknologi, hal ini menyebabkan kultur menjadi satu-satunya cara yang dipercayai masyarakat untuk mengembangkan potensi sumber daya alam, dengan sedikit sekali usaha untuk mengembangkan kreatifitas perekonomian. Tujuan KKN desa Tanjungpakis adalah memberikan pemahaman terkait pentingnya pola ekonomi kreatif di masa pandemic Covid 19, yang dimana mobilitas menjadi terbatas. Metode yang digunakan yaitu sosialsasi tentang ekonomi kreatif, dan juga praktek pemasaran digital. Hasil dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini adalah Kerajinan kerang yang lebih terbuka dengan perkembangan teknologi.

References

Rismayadi, B. (2018). Pengembangan Ekonomi Kreatif Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Desa Tanjungpakis Kecamatan Pakisjaya Kabupaten Karawang.Buana Ilmu, 2 (2).

Departmen Perdagangan RI, (2008). Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025. Studi Industri Kreatif Indonesia, Jakarta

Trisnani (2016). Poka komunikasi masyarakat nelayan di era teknologi informasi kabupaten situbondo. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol. 20 No.2, Desember 2016:141-154

Harahap, A. R. (2010). Tingkat pemahaman maasyarakat terhadap aplikasi computer dan internet. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Pembangunan, 11(1), 127-158

Romer, Paul. 1993. "Looting: The Economic Underworld of Bankruptcy for Profit" with George Akerlof (Brookings Papers on Economic Activity 2, William C. Brainard and George L. Perry (eds.), 1993, pp. 1–74).

Downloads

Published

2022-03-05

How to Cite

Fahrurozi, F. ., Milsandy, F. ., Sampurna, M. ., Iqbal, M. ., Mahesa, R. ., & Rachmawati, T. K. . (2022). Kulturasi Masyarakat Desa Tanjungpakis dalam Pembentukan Ekonomi Kreatif. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(54), 47–53. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1464

Issue

Section

Articles