Optimalisasi Pemberdayaan Tempat Pendidikan Al- Qur’an (TPA) di Masjid Nurul Fallah (Studi Pada Masjid Nurul Fallah, Dusun Sidodadi, Desa Ciasem Girang)

Authors

  • Fitri Febriani UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Mohamad Burdah Apani UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Tsakila Malahayati UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

Keywords:

Masjid, Tempat Pendidikan Al-Qur’an (TPA), Ciasem Girang

Abstract

Artikel ini membahas mengenai salah satu program kuliah kerja nyata (KKN) kelompok 333 yaitu pemberdayaan tempat Pendidikan Al-Qur’an (TPA) yang ada di Masjid Nurul Fallah, dusun Sidodadi, Desa Ciasem Girang, Kecamatan Ciasem, kabupaten Subang. Dengan melakukan survei, wawancara serta ikut mengajar di TPA Nurul Fallah. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan TPA di Masjid Nurul Fallah kurang efisien dikarenakan kurangnya tenaga pengajar dimana pengajar di TPA masjid Nurul Fallah ini hanya ada pak Ustadz Wawan. Karena itu, kami mengajak ikatan remaja masjid (irmas) yag ada di dusun Sidodadi untuk membantu mengajar di TPA masjid Nurul Fallah.

References

Astari, P. (2014). Mengembalikan Fungsi Masjid Sebagai Pusat Peradaban Masyarakat: Jurnal Ilmu dakwah dan Pengembangan Komunitas Vol. 9 No.1. 33- 44.

Hasibuan, P.S. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara : Jakarta. Kartasasmita, G. (1995). Pemberdayaan Masyarakat Sebuah Tinjauan Administrasi.

Malang.

Mardikanto, T. dkk. (2015). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Persfektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-09-13

How to Cite

Febriani, F., Apani, M. B., & Malahayati, T. . (2023). Optimalisasi Pemberdayaan Tempat Pendidikan Al- Qur’an (TPA) di Masjid Nurul Fallah (Studi Pada Masjid Nurul Fallah, Dusun Sidodadi, Desa Ciasem Girang). PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(1), 123–128. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3536