PENERAPAN ICE BREAKING DALAM PROSES PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN PARANGGONG

Authors

  • Dhifria Dhifria Fakhri Tsani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dyah Rahmi Astuti UIN Sunan Gunung Djati
  • , Annida Sofia UIN Sunan Gunung Djati
  • Yovine Diva Pradiska UIN Sunan Gunung Djati

Keywords:

penerapan, Ice Breaking, meningkatkan motivasi belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena guru yang kurang mengetahui ice breaking dalam pembelajaran sehingga siswa kurang motivasi untuk belajar. Ice breaking salah satu penerapan yang mudah dan menarik dalam proses pembelajaran berlangsung, karena dengan adanya ice breaking membuat siswa bersemangat dan menumbuhkan motivasi belajar yang cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui Penerapan Ice Breaking dalam Proses Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SDN Paranggong, Ciaul. Jenis penelitian yang dipakai adalah praktik langsung, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini
dilaksanakan di SDN Paranggong, Kampung Ciaul, Desa Cisondari. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 40 siswa. Berdasarkan hasil observasi yang sesuai dengan tujuan penelitian ini menyatakan bahwa siswa kelas V setelah diterapkan beberapa macam ice breaking dalam proses pembelajaran meningkatkan motivasi dan semangat belajar untuk dirinya sendiri. Salah satu contoh ice breaking yang diterapkan pada siswa kelas V seperti marina menari di atas menara. Ice breaking ini sebelumnya tidak banyak diterapkan oleh guru SDN Paranggong, sehingga siswa belum mengetahui ice breaking. Oleh karena itu, peneliti dapat memecahkan masalah dengan menerapkan ice breaking pada proses pembelajaran berlangsung.

References

Algivari, A., & Mustika, D. (2022). Teknik Ice Breaking pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(4), 433–439.

Arlin, A. F. P., & Mulyani, H. (2021). Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar dan Pemberdayaan Pertanian di Pondok Pesantren Miftahul Mukhlisin. Proceedings Uin Sunan …, Desember.

Iskandar, Y. Z., Suryani, N., Marlina, N., Narsidah, & Nurmaidah. (2023). Penerapan Ice Breaking Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Plamboyan Edu, 1(1), 66–74.

Isnaeni, P. S. (2021). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Saat Pandemi di Madrasah Al Barokah Sindanggalih. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 83(Desember), 111–119.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.

Rahmawati, D. A. (2014). Perbandingan Tingkat Konsentrasi Belajar Anak Sekolah Dasar Dilihat dari Kebiasaan Mak (Aprianti, 2019)an Pagi. Early Childhood Education Paper (BELIA), 3(1), 32.

Anisa, F. W. (2020). PROSES PEMBELAJARAN PADA SEKOLAH DASAR. Nusantara : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial.

Aprianti, W. (2019). Pengaruh Penggunaan Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar IPS Murid Kelas IV SDN Parangia Kecamatan Bontomate'ne Kabupaten Kepulauan Selayar. 2-4.

Muharrir. (2022). PENGGUNAAN ICE BREAKING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BEL;AJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH PINRANG. Jurnal Pendidikan Islam : Al-Ishlah.

Zakiyyah, D. (2022). PENERAPAN ICE BREAKING PADA PROSES BELAJAR GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI SUGIHAN 03. Educational Learning and Innovation.

Downloads

Published

2023-11-15

How to Cite

Dhifria Fakhri Tsani, D., Dyah Rahmi Astuti, , Annida Sofia, & Yovine Diva Pradiska. (2023). PENERAPAN ICE BREAKING DALAM PROSES PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN PARANGGONG. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(6), 319–329. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2863